Mau Jualan Online kamu Laris?, Coba Terapkan 5 Cara Ini

  • Whatsapp
Mau Jualan Online kamu Laris?, Coba Terapkan 5 Cara Ini

recode.ID – Saat ini profesi sebagai pedagang online kian banyak diminati. Karena selain tidak memerlukan modal yang cukup besar, untung yang didapat dari jualan online ini pun juga cukup menggiurkan.

Namun, untuk bisa melakukan semua itu tak semudah yang dibayangkan. Bagaimana mengurus penjualan, stock, pengiriman, melayani pembeli yang cerewet, serta segala macam permasalahannya cukup banyak menguras energi dan pikiran jika tidak paham mengelolanya.

Bacaan Lainnya

Nah, pada kesempatan kali ini akan di bahas beberapa poin yang bisa meningkatkan koversi jualan online kamu agar semakin laris.

Karena untuk jadi seorang penjual online tidak cukup sekedar upload foto saja, ada beberapa hal lain yang harus kalian perhatikan agar jualan online kalian laris manis.

5 Tips Mudah Agar Jualan online Laris

Buat kalian yang saat ini sedang merintis usaha online shopping lewat sosial media, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba agar jualan online kalian laris dan diminati banyak orang:

  • Upload Foto Produk Dengan Kualitas Tinggi

Ini adalah tips pertama dan yang paling utama. Karena kalian jualan online, maka produk yang di tawarkan pun tidak berupa produk fisik melaikan hanya berupa foto, maka usahakan foto produk yang kalian jual harus memiliki kualitas yang tinggi.

Ambil foto produk anda dengan menggunakan kamera yang bagus serta lakukan dari berbagai sudut pengambilan gambar yang berbeda.

Sehingga detail produk yang akan kalian jual secara online ini memiliki tampilan yang menarik minat para calon konsumen kalian.

  • Gunakan Caption atau Deskripsi Produk yang menarik

Setelah foto yang memiliki kulaitas baik sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah membubuhkan captiop atau deskripsi atas produk yang akan dijual.

Seringkali kita mendapat produk yang dijual hanya menyertakan nama dan harga saja, ini terlihat kurang menarik terutama jika dilihat dari kaca mata konsumen.

Usahakan untuk menggunakan deskripsi produk yang jelas dan menarik, misal kegunaan, spesifikasi, kelebihan dan alasan mengapa konsumen harus membeli produk yang kalian jual.

Untuk beberapa produk tertentu, misal sepatu atau pakaian, lengkapi pula dengan keterangan ukuran, model serta warna yang tersedia.

  • Update Jualan Kamu Secara Berkala Tapi Jangan Spam

Karena jualan online, maka untuk menawarkan produk yang dijual ya harus secara online. Mengupdate produk jualan kalian di sosial media memang wajib hukumnya, tapi ingat, jangan SPAM.

Kalian bisa mencari timing atau waktu yang tepat kapan kalian harus mengpload foto jualan kalian. Dari hasil sebuah peneltian diketahui, ada beberapa waktu terbaik untuk memposting produk jualan online di Facebook, yaitu:

  • Setiap hari kerja jam 10.00 sampai jam 15.00
  • Khusus hari Rabu paling tepat di jam 12.00 sampai 14.00
  • Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat di jam 13.00 sampai 14.00
  • Memposting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif
  • Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit ketimbang hari-hari lainnya.

Sementara jika kalian juga sering berjualan di Instagram, maka waktu dan hariĀ  yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram adalah sebagai berikut:

  • Minggu, pukul 17.00
  • Senin, pukul 19.00 dan 22.00
  • Selasa, pukul 03.00 dan 22.00
  • Rabu, pukul 17.00
  • Kamis, pukul 07.00 dan 23.00
  • Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00

Penentuan waktu yang sudah disebutkan diatas, dari hasil penelitian tersebut bukan didasarkan pada jumlah like pada foto produk, tetapi dilihat seberapa banyaknya orang melihat postingan atau jangkauan postingan tersebut.

  • Sering-seringlah Mengadakan Promo Harga

Sudah menjadi hukum ekonomi, konsumen akan membeli produk dengan harga yang termurah namun dengan kualitas yang baik.

Ini bisa menjadi celah untuk anda. Caranya, lebih sering lakukan promo harga produk yang anda jual untuk menarik minat beli konsumen.

Tapi anda juga harus tetap memperthitungkan untung ruginya, jangan sampai karena kebanyakan promo anda malah tekor banyak.

Anggaplah promo harga ini masuk dalam modal modal usaha yang khusus dialokasikan untuk biaya marketing.

  • Tanggapi Semua Pertanyaan dan Keluhan

Ini merupakan bagian dari pelayanan. Jika ada yang berkomentar menanyakan detail harga atau spesifikasi atas produk jualan online yang anda jual, berikan informasi yang sedetailnya agar konsumen puas.

Anda bisa menyelipkan beberapa kalimat ajakan untuk membeli dan memberikan keterangan atas kelebihan produk yang anda jual agar lebih meyakinkan calon pembeli.

Meskipun pada akhirnya tidak berhasil closing atau pembeli cuma CLBK (chat lama beli kagak) namun setidaknya anda sudah berhasil membranding produk anda sehingga lebih banyak dikenal khalayak.

Hal ini juga berlaku dengan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Misal barang tidak sesuai, terlambat atau masalah lain.

Layani dan berikan pengertian kepada pelanggan dengan bahasa yang baik. Berikan alasan yang jelas dan masuk akal mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Jangan segan untuk meminta maaf jika kesalahan memang terletak pada diri anda. Dengan demikian, meski ada konsumen yang marah-marah pasti akan luluh juga jika anda tetap melayani keluhannya dengan baik.

Demikian, lima tips mudah yang bisa anda lakukan agar jualan online anda makin laris. Seiring waktu, anda pasti akan menemukan metode yang tepat bagaimana produk jualan anda akan sukses meraup banyak pembeli.

Jadi, intinya di perlukan kesabaran dan ketekunan dalam menjanlani bisnis online ini. Selamat mencoba dan salam sukses.

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.