Akun Instagram Tidak Bisa Ganti Foto Profil, Begini Mengatasinya

Akun Instagram Tidak Bisa Ganti Foto Profil, Begini Mengatasinya

recode.ID – Meski menjadi salah satu media sosial yang paling favorit saat ini, bukan berarti aplikasi Instagram ini selalu sukses di gunakan di perangkat pengguna. Terkadang ada beberapa masalah yang sering dikeluhkan pengguna, misalnya masalah akun Instagram tidak bisa ganti foto profil.

Seperti kita ketahui, foto profil merupakan bagian yang sangat penting dari akun Instagram milik kita. Bagian ini mencerminkan siapa diri kita melalui foto yang di unggah, apakah akun pribadi, akun bisnis, akun komunitas atau akun perusahaan.

Muat Lebih

Namun dalam beberapa kasus di temui, banyak para pengguna yang ketika mencoba untuk mengganti profil Instagram akan mengalami stuck atau hanya loading terus dan tidak mau memproses pengantian foto profil pengguna.

Baca Juga :  Kreatif, StartUp Asal USA Ini Bikin Mesin Cuci Khusus Smartphone

Nah, jika saat ini kejadian tersebut tengah menimpa anda jangan panik. Kali ini tim redaksi recode.ID akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi akun instagram yang tidak bisa ganti foto profil.

Penasaran bagiamana caranya? simak ulasannya berikut ini:

Mengatasi Akun Instagram Tidak Bisa Ganti Foto Profil

Untuk mengatasi permasalahan ini coba terapkan beberapa langkah berikut:

Bersihkan RAM Smartphone

Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan membersihkan RAM smartphone anda lebih dahulu. Mengapa? hal ini karenakan bisa saja smartphone anda  mengalami lag karena proses multi tasking dari beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan sehingga memakan banyak resouce RAM.

Caranya, silahkan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih menu Pemeliharaan Perangkat. Selanjutnya pilih da tap Opsi Memori, sistem akan menunjukan besaran memori yang di apaki diejumlah aplikasi lalu tekan tombol Hapus Sekarang.

Baca Juga :  Bahaya Menyimpan Smartphone Di Saku Celana, Ini Penjelasannya

Jika menu tersebut tidak terdapat dalam smartphone anda, cobalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga pembersih RAM (misalnya aplikasi CleanMaster) yang bisa diunduh di Google Play Store.

Paksa Henti Aplikasi

Ketika proses penggantian foto profil namun aplikasi Instagram hanya menampilkan loading yang terus menerus, coba hentikan proses tersebut dengan paksa.

Caranya, masuk ke menu Pengaturan, pilih menu Aplikasi lalu pilih opsi Aplikasi Terinstall. Ketuk pada aplikasi Instagram dan tekan tombol Paksa Berhenti.

Hapus Cache Aplikasi

Apa itu cache? cache adalah file sampah pada suatu aplikasi yang terkadang dapat membebani kinerja suatu perangkat yang apabila jumlah cache tersebut dalam ukuran yang besar tidak secara rutin dibersihkan.

Ini juga yang terkadang menjadi penyebab mengapa beberapa aplikasi menjadi error dan force close, termasuk menjadi salah satu penyebab mengapa akun instagram tidak bisa ganti foto profil.

Baca Juga :  Atasi Smartphone Cepat Panas Dengan 5 Tips Berikut Ini

Untuk mengahpsu cache terebut caranya seperti pada tahapan melakukan pakse henti aplikasi diatas, bedanya untuk tahap terakhir anda tekan tombol Hapus Cache.

Update atau Uninstall Aplikasi

Ini merupakan opsi yang paling terakhir jika semua cara diatas tidak juga bisa mengatasi permaslahan tersebut. Bisa jadi aplikasi Instagram anda mengalami error.

Pertama silahkan Update dahulu aplikasi anda jika belum menggunakan versi teranyar. Apabila masalah masih berlanjut, silaahkan copot pemasangan aplikasi tersebut atau uninstall lalu install kembali.

Cara ini tergolong ribet dan menyusahkan, namun merupakan opsi terakhir yang cukup ampuh.

Demikian cara bagaimana mengatasi akun instagram pengguna dimana foto profilnya tidak bisa diganti yang mungkin saat ini sedang anda alami. Cukup mudah bukan? selamat mencoba.

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *