oleh

Duh, Akun Twitter Resmi Milik Google Diretas

recode.ID – Salah satu akun Twitter resmi yang sudah terverifikasi milik Google, yakni G Suite dikabarkan menjadi korban peretasan oleh oknum hacker yang belum di ketahui identitasnya hingga saat ini. Tak cuma di ambil alih, si peretas ini mencoba menipu para follower akun Twitter G Suite tersebut.

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh laman Bussines Insider, Kamis (15/11/2018), akun Twitter resmi G Suite tersebut mencuitkan hal yang tak biasa dalam timelinenya.

Di Sponsori Oleh:

Peretas mencoba mengelabui pengikut akun Twitter resmi G Suite milik Google ini dengan mengiming-imingi sebuah giveaway berupa mata uang kripto bitcoin. Cuitan dari akun milik G Suite yang sudah dikuasai peretas tersebut diunggah pada Selasa siang dan membagikan informasi tentang giveaway mata uang kripto terbesar di dunia.

Para follower akun Twitter milik Google ini pun dijanjikan akan menerima sejumlah Bitcoin, caranya adalah dengan mengirimkan sejumlah bitcoin terlebih dahulu sebelum menerima giveaway palsu tersebut.

Cuitan palsu berisi penipuan ini pertama kali dipergoki oleh salah satu pengguna Twitter pengikut dari akun G Suite. Pengguna dengan akun @B_u_r_t_o_n itu lalu men-screenshot cuitan milik akun Twitter G Suite beberapa saat sebelum postingan itu dihapus.

Menariknya, karena akun yang diretas ini merupakan akun yang sudah terverifikasi, maka cuitan penipuan berkedok giveaway oleh akun milik Google itu pun bisa dipromosikan lewat layanan iklan Twitter. Dengan promosi tersebut, akan semakin banyak pengguna Twitter yang melihat cuitan penipuan tersebut.

“Pagi ini, cuitan yang dipromosikan tanpa izin dibagikan dari akun G Suite. Kami menghapus cuitan itu dan sedang menyelidiki dengan Twitter sekarang,” jelas juru bicara Google terkait insiden peretasan yang menimpa akun Twitter resmi G Suite mereka.

Sementara itu, pihak Twitter lansgung bereaksi dengan cepat dengan segera mengunci akun G Suite yang di retas. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi bagaimana peretas bisa login dan menguasai akun milik raksasa teknologi tersebut.

Peretas Juga Gunakan Nama Elon Musk Untuk Menipu

Aksi penipuan berkedok giveaway bitcoin tersebut bukan hanya terjadi pada akun resmi milik Google saja. Beberapa waktu sebelumnya, sebuah akun Twitter yang mengatas namakan CEO Tesla Elon Musk juga berbagi cuitan yang menyebut akan memberi hadiah cryptocurrency dengan cuma-cuma.

Namun tentu saja, pemberian giveaway dari The Real Tony Stark tersebut hanyalah sebuah upaya penipuan agar pengguna Twitter mengirimkan bitcoin kepada peretas yang telah menggunakan akun palsu tersebut.

Oleh karena itu, jika anda mendapati sebuah akun media sosial populer seperti milik Google di atas yang mencuitkan hal yang tak lazim, jangan lekas percaya. Cek dulu kebenarnya dengan mencari informasi dari sumber yang valid dan dapat di percaya kebenarannya.

(aufa)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya