oleh

Mabes Polri Pastikan Akun Twitter @DivHumasPolri Di Retas

recode.ID – Ada yang tak biasa dengan cuitan dari akun Twitter milik Mabes Polri pada Sabtu (23/02/2018) sekitar pukul 16.55 WIB kemarin. Akun twitter @DivHumasPolri yang biasanya memposting informasi yang berkaitan dengan instutusi kepolisian, tiba-tiba mengunggah cuitan berisi hasil survei Alvara terkait perhelatan pilpres 2019 mendatang.

“Survey Alvara: 60 Persen Publik Setuju Prabowo-Anies Maju Pilpres 2019 #humaspolri #polri” demikian isi tweet sebelum di hapus oleh pihak berwenang. Dalam cuitannya tersebut, pelaku peretasan akun Twitter Mabes Polri tersebut juga menautkan sebuah link menuju ke salah satu website media online.

Di Sponsori Oleh:

Sementara itu, menanggapi aksi cuitan yang tak biasa tersebut di akun Twitter resmi  mereka, pihak  Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia memastikan jika akun Twitter-nya telah di hack oleh peretas yang saat ini belum di ketahui identitasnya.

Setelah menghapus postingan terkait hasil survei Alvara, pihak Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia segera melakukan klarifikasi terkait isi dari postingan tersebut. “Setelah kami melakukan pengecekan mendalam, terdapat aktivitas ilegal yang dilakukan pada akun resmi kami,” tulis akun Twitter @DivHumasPolri dalam klarifikasinya.

“Bisa dipastikan bahwa tweet tsb adalah BUKAN TWEET RESMI DARI KAMI,” jelas akun Twitter @DivHumasPolri lebih lanjut. Meskipun postingan tersebut kini telah d hapus, namun ada beberapa netizen yang berhasil mengabadikan momen tak biasa tersebut dengan melakukan tangkapan layar (screen shoot) pada saat cuitan saat terjadinya peretasan.

                                Screenshoot Pada Saat Akun Twitter @DivHumasPolri Di Retas

Selain itu, seorang pengguna Twitter lainnya sempat menyatakan jika akun milik Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia yang berlamat di @DivHumasPolri sempat di ganti usernamenya menjadi @emi_sulastri51r.

Selanjutnya, Divisi Humas Polri memastikan bahwa pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap peretasan akun milik mereka serta aktivitas ilegal pada akun resminya akan segera ditindaklanjuti oleh Direktorat Tindak Pidana Kejahatan Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri guna mengungkap siapa pelaku peretasan tersebut.

Akun Twitter @DivHumasPolri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tak mudah percaya terhadap unggahan yang tak ada kaitanya dengan institusi mereka. Selain itu, untuk memastikan keaslian tweet mereka, dalam setiap postingan @DivHumasPolri selalu terdapat tanda resmi Divisi Humas Polri dan semua informasi akan dipublikasikan di laman resmi Polri yang beralamat di tribratanews.polri.go.id.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya