Mengenal Lebih Dekat, Apa itu Chrome OS

Mengenal Lebih Dekat, Apa itu Chrome OS

recode.ID – Untuk sebuah sistem operasi komputer atau laptop mungkin kita sudah sering mendengar OS yang populer digunakan seperti Windows, Linux, MacOS. Tapi pernahkah kalian mendengar sistem operasi yang satu ini, Chrome OS ? Jika belum pernah, kali ini redaksi akan mengulas tentang apa itu Chrome OS secara lebih detail.

Sistem operasi ini mendadak ramai di perbincangkan sejak ada wacana pemerintah melalui kemendikburistek yang akan memberikan laptop guna kepada para pelajar di tanah air.

Dalam informasi yang beredar luas, nantinya laptop tersebut akan dibekali dengan sistem operasi Chrome OS, alih-alih menggunakan sistem operasi populer yakni Windows.

Bagi yang belum familiar tentu akan bertanya-tanya apa sebenarnya sistem operasi Chrome OS ini? apa perbedaannya dengan OS populer seperti Windows?

Untuk menjawab rasa penasaran kalian semua silahkan simak penjelasan redaksi berikut ini terkait apa itu Chrome OS.

Apa Itu Chrome OS ?

Jika banyak pengguna komputer/laptop di tanah air yang belum mengenal sistem operasi yang satu ini, hal itu memang sangat wajar.

Pasalnya, nama Chrome OS sendiri memang belum setenar sistem operasi Windows, Linux atau bahkan MacOS di Indonesia.

Secara garis besar, apa itu Chrome OS bisa dijelaskan secara singkat sebagai sebuah sistem operasi yang dimiliki dan dikembangkan oleh raksasa teknologi Google.

Dimana, sistem operasi yang satu ini adalah sistem operasi yang dikembangkan dengan berbasis Linux dan open source, artinya bisa dipakai dan didistribusikan dengan gratis.

Namun demikian, dalam penggunaannya sistem operasi  ini umumnya hanya di gunakan pada sebuah perangkat laptop Chromebook. Informasi lengkap mengenai apa itu Chromebook dan perbadaanya dengan laptop pada umumnya akan redaksi bahas pada artikel selanjutnya.

Lanjut ke pembahasan soal apa itu Chrome OS. Meski sistem operasi ini belum begitu populer dikalangan pengguna laptop ditanah air, namun sistem operasi ini sudah cukup terkenal dipengguna luar negeri terutama di kalangan pengguna pelajar.

Salah satu keunggulan dari sistem operasi Chrome OS adalah cara pengoperasiannya yang sederhana dan mudah, yang jika di cermati sepintas akan sangat mirip dengan OS Android.

Karena ini adalah sistem operasi buatan Google dan mirip dengan Android, maka sudah barang tentu semua perangkat yang menggunakan Chrome OS pun bisa mengakses aplikasi dan game yang ada di Google Play Store, meski hanya terbatas untuk perangkat yang dirilis setelah tahun 2017 saja.

Selain itu, salah satu kelebihan sistem operasi yang satu ini dibanding dengan Windows ataupun MacOS adalah memori yang digunakan tidak butuh ruang penyimpanan yang besar.

Itulah mengapa, dalam spesifikasi laptop yang akan di bagikan oleh pemerintah yang beredar di internet, perangkat laptop tersebut hanya memiliki ruang penyimpanan hanya 32GB saja.

Selain itu, prosesor yang digunakan untuk perangkat yang menjalankan Chrome OS ini juga tak butuh spesifikasi yang tinggi.

Dimana umumnya, perangkat Chromebook yang terpasang dengan sistem operasi ini rata-rata hanya menggunakan prosesor Intel Celeron, RAM 4GB dan ruang penyimpanan umunya hanya sampai 64GB saja.

Disampingitu, mengapa perangkat yang terinstal Chrome OS hanya butuh spek dan memori yang kecil karena Chrome OS ini bangun sebagai sebuah sistem operasi berbasis cloud.

Artinya,  semua file yang dibuat oleh pengguna akan disimpan dalam penyimpanan berbasis cloud seperi Google Drive, dokumen bisa dibuat di Docs, dan foto bisa disimpan di Photos.

Sehingga, dengan spesifikasi perangkat yang lebih rendah di banding dengan laptop pada umumnya serta sistem operasi yang didistribusikan secara gratis, umumnya harga Chromebook dengan Chorem OS pun cukup terjangkau.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait