Aplikasi Al-Quran Gratis Terbaik Lengkap dengan Artinya

  • Whatsapp
Aplikasi Al-Quran Gratis Terbaik Lengkap dengan Artinya

recode.ID – Jika dulu untuk membaca kitab suci Al-Quran harus menggunakan Al-Quran berupa kitab dengan ukuran yang cukup besar dan tebal, namun di jaman modern hal itu bisa lebih praktis hanya dengan menggunakan aplikasi Al-Quran yang bisa di buka lewat smartphone dimana saja dan kapan saja dengan mudah.

Seperti kita ketahui, membaca kitab suci Al-Quran bagi umat muslim merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi di bulan puasa atau Ramadhan, membaca Al-Quran merupakan ibadah yang paling di anjurkan.

Jika Anda ingin membaca kitab suci Al-Quran dengan praktis tanpa harus membawa kitab yang berukuran besar, Anda bisa menginstall salah satu aplikasi Al-Quran berikut ini.

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa membaca Alquran di mana pun dan kapan pun lewat smartphone, entah di kantor atau sedang dalam perjalanan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari dan mengetahui terjemahan dari surat atau ayat yang Anda baca.

Aplikasi Al-Quran Gratis Terbaik 2020

Saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi Al-Quran yang bisa di unduh, terutama untuk pengguna smartphone Android.

Namun, dari sekian banyak aplikasi yang tersedia ada beberapa di antaranya yang di bisa dikatakan merupakan yang terbaik, karena sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam memahami isi dari kitab suci Al-Quran tersebut.

Berikut ini beberapa diantaranya yang redaksi recode.ID rekomendasikan untuk Anda:

  • Qur’an Kemenag

Ini merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti teks terjemahan dan tafsirnya, aplikasi ini merupakan pilihan pertama sebagai aplikasi Al-Quran terbaik.

Selain itu, aplikasi kelauran Kemenag ini juga memiliki fitur tambahan lain seperti asal-usul turunnya ayat atau asbabun nuzul turunnya surat-surat Al-Quran.

Buat yang ingin mendengarkan lantunan ayat suci bisa juga mendengarkannya dari aplikasi ini karena sudah dilengkapi pula dengan fitur suara murattal Al-Qur’an yang bisa kalian dengarkan lewat earphone.

  • Al Quran Indonesia

Berikutnya ada aplikasi yang bernama Al Quran Indonesia. Aplikasi ini cukup ringan bahkan ketika dinstall pada perangkat smartphone low spec sekalipun.

Selain terdapat 114 surat dan 30 juz lengkap dengan tajwidnya yang bisa kalian baca, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur audio murotal 30 juz yang bisa kalian dengarkan.

Menariknya, kalian bisa memilih satu di antara delapan Qari yang tersedia untuk kalian dengarkan lantunan bacaan surat-surat dalam Al-Quran.

  • Quran for Android

Untuk aplikasi yang satu ini selain digunakan untuk membaca kitab suci Al-Quran, juga dilengkapi dengan fitur lainnya yang cukup menarik seperti, fitur pemutaran audio, bookmark, menandai, dan juga fitur berbagi.

Namun, yang lebih menarik aplikasi Quran for Android ini dilengkapi pula dengan fitur terjemahan yang sudah mendukung 20 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia.

  • Al’Quran Bahasa Indonesia

Ingin membaca Al-Quran dengan tampilan yang menarik dengan latar layaknya kitab suci aslinya, maka aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia ini bisa kalian unduh.

Kalian bisa membaca Al-Quran ayat per ayat dan langsung di sajikan artinya pada bagian baawah ayat yang kalian baca.

Ada pula fitur audio untuk mendengarkan suara Murotal, serta fitur yang tak kalah keren yakni jadwal sholat sesuai lokasi di mana kamu tinggal.

Aplikasi ini cukup ringan karena filenya berukuran kecil hanya 9MB dan sudah cukup populer di Google Play Store karena sudah di unduh lebih dari 10 juta kali.

  • Muslim Pro

Aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda yang suka bepergian. Karena selain berfungsi untuk membaca kita suci Al-Quran, aplikasi ini juga di lengkapi dengan fitur yang cukup menarik.

Pasalnya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan database tempat makan atau restoran Halal dan lokasi tempat ibadah terdekat yang berada di sekitar lokasi Anda.

Ini tentu akan sangat memudahkan kalian ketika bepergian dan harus mencari tempat makan yang halal atau tempat untuk beribadah.

Demikian informasi mengenai rekomendasi sejumlah aplikasi Al-Quran yang bisa kalian unduh untuk menunjang ibadah kalian, terutama disaat bulan puasa.

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.