Aplikasi Cek Pajak Motor Untuk Smartphone Android

  • Whatsapp
Aplikasi Cek Pajak Motor Untuk Smartphone Android

recode.ID –  Selain dengan mendatangi kantor Samsat, untuk mengetahui informasi mengenai pajak motor bisa juga dengan menggunakan bantuan Aplikasi Cek Pajak Motor yang bisa diinstall pada perangkat smartphone Android.

Seperti kita tahu, untuk pemilik kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua diwajibkan untuk membayar pajak tahunan atas kendaraan yang dimilikinya.

Bacaan Lainnya




Namun terkadang, banyak pemilik kendaraan yang lupa tanggal pasti membayar pajak motor mereka. Imbasnya, banyak yang terkena denda akibat terlambat membayar pajak tersebut.

Solusinya, adalah dengan memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi mobile untuk smartphone.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan mengulas beberapa aplikasi cek pajak motor yang bisa Anda unduh dan pasang di perangkat smartphone yang Anda gunakan.

Aplikasi Cek Pajak Motor

Sesuai dengan peruntukannya, aplikasi ini didesain untuk melakukan pengecekan terhadap suatu kendaraan bemotor baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Menstabilkan Ping Saat Bermain Game Call Of Duty Mobile

Aplikasi tersebut, ada yang bersifat nasional yang artinya bisa digunakan untuk mengecek semua kendaraan di seluruh wilayah Indonesia, ada juga yang bersifat lokal yang hanya untuk mengecek pajak di propinsi tertentu.

Berikut nama-nama aplikasinya:

  • Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi cek pajak motor pertama yang redaksi rekomendasikan adalah aplikasi yang bernama Cek Pajak Kendaraan.

Aplikasi ini sudah bisa digunaka secara nasional dan mendukung beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan.

Sementara untuk beberapa daerah lain akan segera di update oleh pengembang. Aplikasi ini cukup ringan karena size atau ukuran aplikasinya cukup kecil.

Selain itu, aplikasi ini hadir tanpa iklan jadi tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna. Cara penggunaanya juga cukup mudah.

Anda hanya tinggal memilih provinsi di mana kendaraan Anda terdaftar, lalu masukkan nomor plat kendaraan pada kolom yang disediakan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Memasak Ini Cocok Buat yang Baru Belajar Masak

Nantinya, secara otomatis akan ditampilkan detail informasi tentang kendaraan, tanggal akhir pajak, tanggal akhir STNK dan jumlah pajak yang harus Anda bayarkan.

Jika Anda ternyata lupa bayar pajak atau menunggak pembayaran pajak, aplikasi ini juga akan menampilkan jumlah denda yang harus dibayar dan berapa lama waktu keterlambatan denda Anda.

  • SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Selanjutnya ada aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya berguna untuk mengecek kendaraan yang ada di wilayah propinsi Jawa Tengah saja.

Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG sendiri merupakan aplikasi yang dikelola oleh Pemda lewat PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Selain untuk aplikasi cek pajak motor, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membayar pajak. Jadi Anda yang tanggal di Propinsi Jateng tak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan.

Aplikasi ini dibekali dengan beragam fitur menarik, misalnya untuk mengetahui Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor, Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor.

Selain itu, aplikais ini juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian Lokasi beberapa pelayanan masyarakat di Jawa Tengah seperti Kantor SAMSAT, ATM, Kantor Jasa Raharja, Kantor Polisi, Lokasi RS/Klinik/Dokter.

Baca Juga :  Dropbox Luncurkan Aplikasi Password Manager

Cukup komplit bukan.

  • SAMBARA

Terakhir adalah aplikasi bernama SAMBARA yang merupakan kependekan dari Samsat Mobile Jawa Barat.

Aplikasi ini adalah dikelola oleh Pemerintah Propinsi lewat BAPENDA Jawa Barat untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di wilayah kerja Jawa Barat.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, pengguna yang berada diwilayah Jawa Barat cukup memasukan nomor plat kendaraan untuk mengecek informasi terkait pajak motor mereka.

Kesimpulannya, dari ketiga aplikasi diatas memiliki fungsi yang kurang lebih sama, namun hanya dibatasi pada wilayah penggunaanya saja.

Untuk Anda yang mungkin tinggal atau berada di luar jangkauan dari ketiga aplikasi diatas bisa mencari informasi aplikasi cek pajak motor di daerah masing-masing.

Demikian informasi mengenai beberapa aplikasi berbasis mobile yang bisa Anda unduh dan install di perangkat smartphone untuk mengetahui informasi terkait pajak kendaraan bermotor milik Anda.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait