Apple Hapus Akun Epic Games di App Store, Ini alasannya

  • Whatsapp
Apple Hapus Akun Epic Games di App Store, Ini alasannya

recode.ID – Perseteruan antara Epic Games dan Apple memasuki babak baru. Kabar terbaru menyebut jika Apple akhirnya menutup akses akun dari pengembang Epic Games di layanan market aplikasi App Store.

Penutupan yang dilakukan pihak Apple ini merupakan imbas dari sengketa hukun yang kini tengah terjadi diantara dua perusahaan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami kecewa karena kami harus menghentikan akun Epic Games di App Store,” jelas salah satu juru bicara pihak Apple dalam sebuah pernyataan dikutip dari laman Bloomberg.

“Kami telah bekerja dengan tim di Epic Games selama bertahun-tahun pada peluncuran dan rilis mereka. Pengadilan merekomendasikan agar Epic mematuhi pedoman App Store sementara kasus mereka berlanjut, pedoman yang telah mereka ikuti selama dekade terakhir sampai mereka menciptakan situasi ini. Epic telah menolak.” jelas Apple lebih lanjut.

Baca Juga :  Biaya Langganan Netflix di Indonesia Terbaru 2020

Dengan dinonaktifkannya akun pengembang Epic Game di toko aplikasi milik Apple ini, hal itu berarti pihak Epic Games tidak bisa mengirimkan aplikasi ataupun pembaruan terbaru untuk aplikasi besutan mereka di laman App Store.

Artinya, selama akun Epic Games belum diaktifkan oleh pihak Apple kembali maka pengguna baru yang ingin mengunduh game Fortnite untu perangkat iOS tidak akan menemukan aplikasi tersebut di App Store.

Kendati demikian, untuk pengguna yang sudah download game Fortnite di iPhone sebelum sengketa ini terjadi, masih dapat terus memainkan game tersebut.

Namun, pengguna  tidak akan mendapat update terbaru yakni tidak ada konten Musim 4 bertema Marvel yang baru tersedia karena Fortnite untuk iOS tidak bisa diupdate.

Baca Juga :  Facebook Messenger Khusus Desktop Untuk Windows dan Mac Resmi dirilis

Sengketa antara Apple dan Epic Game ini mulai meruncing pada awal bulan ini, ketika Epic Games menggugat Apple terkait sistem pembayaran dalam aplikasi.

Dengan hilangnya akses ke App Store kemungkinan akan ini akan sangat merugikan Epic secara finansial. Pasalnya, game ini cukup populer di kalangan pengguna iOS.

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Sensor Tower disebutkan, bahwa sejak Januari 2012, game seluler Epic telah diunduh lebih dari 159 juta kali melalui App Store, menghasilkan sekitar USD 1,2 miliar belanja konsumen, dengan sekitar USD 360 juta di antaranya masuk ke Apple.

Menurut pihak Apple, gugatan yang diajukan oleh pihak Eic Games terkait sistem pembayaran aplikasi sangat mengganggu hubungan kedua belah pihak.

Baca Juga :  Hore, Telkom Group Akan Buka Blokir Netflix Bulan Ini

Apple mengatakan Epic telah berulang kali melakukan pembaruan Fortnite yang dirancang untuk melanggar pedoman App Store.

Pihak Apple berpendapat jika hal itu dibiarkan maka ini sebutt oleh pihak Aple tidak adil bagi semua pengembang lain di App Store dan menempatkan pelanggan di tengah-tengah perjuangan mereka.

Editor    : Andra
Penulis  : Ikhsan Aufa

Pos terkait