Arti CO (Check Out) Saat Belanja Online di Marketplace

Arti CO (Check Out) Saat Belanja Online di Marketplace

recode.ID – Saat berbelanja secara online di marketplace, semisal Tokopedia, Shopee, Lazada atau platform belanja online lainnya, kita sering melihat istilah CO (check out). Untuk yang sudah terbiasa belanja online, tentu sudah familiar dengan istilah ini, tapi untuk yang baru mulai belanja online ada sebagian yang masih bingung apa arti CO tersebut.

Hal ini tidak mengherankan, karena pada umumnya platform belanja online tersebut banyak menggunakan istilah-istilah dalam bahasa asing, sehingga untuk yang masih awam tentu ini akan sedikit membingungkan.

Oleh karena itu, sesuai dengan judul artikel ini tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel yang akan membahas istilah dan arti CO ini saat belanja online serta istilah-istilah lain yang sebaiknya juga Anda ketahui.

Sehingga, pada saat berbelanja di sejumlah marketplace tersebut Anda tidak akan bingung dan harus mengklik atau menekan tombol apa agar barang atau produk yang Anda inginkan sukses terbeli.

Arti CO (Check Out)

Arti CO (Check Out) Saat Belanja Online di Marketplace

Istilah pertama yang banyak di tanyakan oleh konsumen yang baru pertama kali melakukan belanja online adalah CO.

Seperti yang sudah tertera dalam judul artikel ini, istilah CO sendiri dalam belanja online adalah singkatan dari check out.

Jadi arti CO (check out) saat belanja secara online adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen bahwa ia akan melakukan pembayaran untuk barang yang ingin Anda beli di marketplace tersebut.

Dengan kata lain, saat Anda mengklik tombol “beli”, “Buy”, “pay”, “bayar” atau sejenisnya pada suatu platform belanja online yang menunjukan bahwa Anda siap untuk membayar produk tersebut itulah yang dinamakan dengan check out (CO).

Istilah ini sangat populer dan banyak digunakan di semua platform belanja online karena cukup singkat dan mudah untuk diingat oleh konsumen dan pengguna.

Istilah-istilah Lain Dalam Belanja Online

Selain istilah CO (check out) yang arti dan pembahasannya sudah redaksi ulas secara detail diatas, sebaiknya Anda juga memahami terkait istilah-istilah populer lain saat berbelanja secara online.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah istilah-istilah populer lainnya yang kerap muncul saat kita belanja online:

  • Pre Order (PO), adalah tindakan melakukan pemesanan barang atau produk karena produk tersebut belum ready stock atau siap. Bisa juga karena barang atau produk tersebut belum rilis sehingga kita PO untuk menjamin bahwa kita tidak kehabisan barangnya.
  • Cash On Delivery (COD) adalah sistem pembayaran atau transaksi yang dilakukan ketika barang sudah sampai ketangan Anda.
  • Ready Stock, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa barang atau produk yang dijual oleh seller dalam kondisi siap jual sehingga konsumen bisa langsung membeli produk tanpa harus menunggu.
  • Direct Message (DM), adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah percakapan pribadi antara penjual maupun pembeli, atau sering juga di sebut dengan istilah Inbox.
  • Down Payment (DP), adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan harga uang muka yang harus dibayarkan untuk produk tertentu.
  • Invoice, adalah tagihan yang dibuat oleh seller atau penjual kepada Anda selaku pembeli yang berisi informasi harga yang harus Anda bayarkan.
  • Sold Out, adalah istilah yang digunakan untuk menginformasikan bahwa barang atau produk yang dijual sudah habis terjual dan belum tersedia kemnbali.

Demikian informasi mengenai apa arti CO (check out) pada saat belanja online, serta beberapa istilah lainnya yang sebaiknya juga Anda pahami maknanya.

Sebenarnya masih ada cukup banyak istilah-istilah lain dalam belanja online yang juga tak kalah penting untuk diketahui, namun itu akan redaksi bahas pada artikel-artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan  dan pengetahuan Anda dalam hal kegiatan belanja secara online.

Pos terkait