Arti COD Dalam Jual Beli Secara Online di Marketplace

Arti COD Dalam Jual Beli Secara Online di Marketplace

recode.ID – Salah satu metode pembayaran ketika berbelanja secara online di beberapa marketplace adalah dengan sistem COD. Pembayaran dengasn sistem seperti ini dinilai memilki banyak keuntungan terutama bagi para pembeli. Tapi, sudah tahukah Anda apa arti COD dalam jual beli secara online tersebut?

Berkaitan dengan topik tersebut, kali ini tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel yang akan membahas secara detail mengenai sistem pembayaran COD dalam jual beli secara online ini, lengkap dengan bagaimana skema dan proses pembayaran dengan sistem COD ini.

Sehingga diharapkan dengan mengetahui informasi terkaait pembayaran COD ini, Anda sebagai konsumen nantinya bisa menentukan dan membandingkan sistem pembayaran mana yang lebih fleksibel dan mudah untuk dilakukan.

Silahkan disimak hingga akhir artikel ini.

Apa Arti COD Dalam Jual Beli Secara Online

COD sendiri adalah sebuah akronim atau singkatan dari dari bahasa Inggris yakni Cash on Delivery, yang secara umum dapat diartikan dalam bahasa Indonesia yang berarti pembayaran saat barang sampai atau bayar ditempat.

Dengan demikian,  sistem pembayaran ini dilakukan ketika barang yang di pesan sudah sampai ditangan konsumen.

[irp posts=”7670″ name=”Cara Cek Nomor Rekening Penipu Saat Belanja Online”]

Sehingga, konsumen akan memesan barang sesuai dengan yang inginkan tanpa harus membayar lebih dahulu. Tapi begitu barang sudah sampai di tempat tujuan atau rumah Anda, maka pembayaran harus segera dilunasi oleh konsumen sebagai pihak pemesan barang.

Beberapa marketplace ditanah air, memiliki definisi yang berbeda-beda tentang ati COD ini, namun secara umum memiliki makna yang sama.

Dalam laman resmi Shopee Indonesia misalnya, dikatakan bahwa arti COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli.

[irp posts=”2201″ name=”Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut”]

Sementara dalam laman marketplace lainnya, Tokopedia menyebut jika pembayaran di tempat atau COD adalah merupakan pilihan metode pembayaran disediakan oleh Tokopedia, yang mana mitra (pembeli) dapat melakukan pembayaran tunai pada saat barang diterima.

Dengan adanya sistem pembayaran seperti ini pembeli atau konsumen akan diuntungkan karena tidak perlu repot melakukan trasfer dana ke penjual.

Skema Pembayaran Dengan COD

Namun demikian, sebagai konsumen dalam melakukan pembelian barang dengan sistem pembayaran dengan COD ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya adalah, pembeli tidak diperkenankan untuk membongkar kemasan produk lebih dahulu sebelum membayar dengan uang tunai sesuai harga pembelian dan ongkos pengiriman ke kurir.

[irp posts=”7593″ name=”Arti Departed From Transit Gateway Jakarta di JNE Express”]

Jadi meskipun pembayaran dilakukan secara tatap muka dengan kurir, Anda tidak boleh membuka paket atau kiriman tersebut sebelum melunasi atau membayar sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, jika nantinya diketahui barang dibeli tersebut ternyata tidak sesuai dengan apa yang sudah dipesan atau bahkan mengalami cacat/rusak pada produknya, biasanya marketplace sudah menyediakan fitur komplain yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Oleh karena itu, ketika Anda melakukan pembelian dengan cara COD seperti ini begitu kurir sampai membawa barang pesanan Anda, segera bayar sesuai dengan nominal.

[irp posts=”9094″ name=”Cara Lapor Polisi yang Benar Jika Jadi Korban Penipuan Online”]

Selanjutnya, minta kurir untuk jangan pergi dulu untuk menjadi saksi saat Anda membuka paket kiriman tersebut apakah sudah sesuai, apakah mengalami rusak atau cacat.

Bila perlu videokan proses unboxing paket atau kiriman tersebut di hadapan kurir sebagai bukti untuk komplain.

Konsekuensi Jika Tak Mau Bayar

Selain itu, ada hal lain yang harus diperhatikan ketika Anda ingin melakukan pembelian barang dimarket place dengan sistem COD ini.

Apabila Anda tidak mau menerima pesanan dan tak mau membayar dengan berbagai alasan meski Anda diketahui telah memesan barang tersebut, maka konsekuensinya nama Anda dan alamat rumah akan masuk dalam daftar hitam dari marketplace bersangkutan dan tidak diperkenankan untuk berbelanja diplatform mereka.

[irp posts=”5121″ name=”Arti PO Saat Belanja di Online Shop”]

Namun apabila Anda merasa tidak pernah memesan barang tersebut, pembeli juga bisa menolak barang yang dikirimkan kurir dan tak perlu membayarnya. Barang akan diterima kurir kembali untuk selanjutnya dikirimkan kembali ke alamat penjual.

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa arti COD ketika berbelanja secara daring, ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda dalam menentukan sistem pembayaran mana yang lebih baik bagi Anda.

Meski memiliki berbagai kelebihan misalnya, tak harus membayar diawal, langsung bisa dikirim kembali ketika barang tidak sesuai pesanan, namun sistem pembayaran dengan COD ini juga memiliki kekurangan.

[irp posts=”2682″ name=”Amankan Kartu Kredit Anda Dari Aksi Peretas, Begini Caranya”]

Salah satunya adalah harga yang harus dibayar cenderung akan lebih mahal jika menggunakan pembayaran dengan cara transfer uang lebih dahulu misalnya.

Hal ini dikarenakan, ongkos kirim yang akan lebih mahal karena terbatasnya opsi yang disediakan oleh masing-masing jasa kuris atau jasa pengiriman barang.

Nah, setelah Anda mengetahui secara detail arti COD ini beserta informasi tambahan lainnya, menurut Anda pembayaran dengan sistem apa yang lebih baik saat berbelanja secara online? berikan tanggapan Anda.

Pos terkait