Arti Entry Level yang Disematkan Pada Smartphone

Arti Entry Level Pada Sebuah Smartphone

recode.ID – Saat kita membaca sebuah review tentang sebuah smartphone, seringkali kita membaca tentang istilah entry level yang di sematkan pada sebuah produk smartphone yang sedang di bahas. Tapi, sudah tahukan kalian apa arti entry level pada sebuah smartphone tersebut?

Seperti kita tahu, istilah ini sering kali muncul pada setiap pembahasan suatu produk tidak hanya smartphone saja namun produk elektronik lainnya misalnya laptop.

Biasanya istilah ini muncul pada pembahasan suatu produk yang umumnya memiliki harga produk yang murah dan spesifikasi yang pas-pasan.

Tapi bernahkah demikian? untuk lebih jelasnya pada artikel ini akan redaksi bahas secara detail arti dari entry level yang disematkan pada sebuah perangkat smartphone dan produk lainnya. Silahkan disimak.

Arti Entry Level

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A02s

Perlu kalian ketahui, untuk tipe sebuah smartphone biasanya oleh pabrikan di kategorikan dalam beberapa kelompok, smartphone kategori kelas bawah, kelas menengah dan smartphone kelas atas atau premium/flagship.

Dari ketiga kategori tersebut, digunakan beberapa istilah untuk menentukan sebuah smartphone yang masuk di kategori mana.

Isitilah tersebut meliputi, entry level sering juga di sebut dengan low-end, kemudian kategori mid-end, dan yang terakhir adalah kategori flagship atau high-end.

Dari penjelasan terkait pengkategorian tersebut, dapat disimpulkan bahwa arti entry level adalah istilah yang digunakan untuk sebuah perangkat smartphone di kategori paling bawah atau kategori termurah.

Sebagai ilustrasi, untuk smartphone besutan Samsung, dari sekian banyak produk yang dihadirkan, yang diposisikan sebagai hp entry level adalah Samsung Galaxy A02, untuk tahun 2021 ini dan smartphone High-end atau flagship adalah Samsung S21.

Kategori Berdasarkan Harga

Untuk mengetahui apakah smartphone tersebut masuk di kategori low-end(bawah) atau mid-end(menengah) kita bisa membaginya lagi dari rata-rata harga jualnya.

Untuk sebuah perangkat smartphone dengan harga dibawah Rp 3 jutaan itu masuk di kategori entry level dan smartphone diharga Rp 3 juta sampai Rp 5 juta masuk di kategori mid-end dan diatas Rp 6 jutaan masuk smartphone kelas atas atau premium.

Mengapa pengkategorian sebuah produk ini penting dilakukan, karena ini untuk menghindari konsumen membeli sebuah perangkat smartphone yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kegunaannya.

Sebagai contoh, jika kalian hanya butuh smartphone untuk main sosmed, whatsapp, telepon dan aktifitas harian maka kalian tidak butuh smartphone yang harganya mahal bukan?

Begitu juga jika kalian hobby main game berat, hobby fotografi lewat smartphone, dan sering melakukan aktfitas kantoran lewat perangkat smartphone tentu kalian akan butuh sebuah perangkat menengah keatas untuk menunjang aktifitas kalian tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah redaksi jabarkan diatas, disertai dengan contoh dan ilustrasinya secara umum bisa dikatakan bahwa arti enty level sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan sebuah produk dalam hal ini adalah smartphone yang masuk di kelas bawah.

Produk smartphone yang masuk di kategori entry level ini adalah tipe smartphone dengan spesifikasi yang pas-pasan dan harga murah, umumnya di bawah harga Rp 2 jutaan.

Demikian informasi lengkap dan ulasan yang cukup detail terkait arti entry level yang biasa kalian temukan saat membaca sebuah review tentang sebuah smartphone.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan?

Pos terkait