oleh

Atasi Berita Hoax, Facebook Buat Alogaritma Khusus Untuk Indonesia

recode.ID – Tak dapat dipungkiri jika jejaring sosial milik Mark Zuckerberk, Facebook adalah salah satu media sosial yang paling sering  digunakan oleh  sejumlah orang atau oknum yang tak bertanggungjawab untuk menyebarkan informasi palsu atau Hoax. Bahkan di indonesia medsos (media sosial) ini juga sebagai tempat ajang fitnah bagi sebagaian kalangan, tak sedikit pula oknum yang menjadikan facebook sebagai media untuk mendeskriditkan pemerintah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Facebook berencana untuk membuat sebuah algoritma khusus untuk hoax yang dapat di gunakan untuk menyaring informasi di facebook yang ada di Indonesia. Hal itu di kemukakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Semuel Abrijani Pengerapan, terkait soal rencana Facebook tersebut sketika bertemu dengan beberapa perwakilan dari kantor Facebbok pada Rabu (2/8/2017) bertempat di kantor Kemkominfo, Jakarta.

Di Sponsori Oleh:

Wacana mengatasi permasalahan hoax tersebut kemudian mendapat respon yang cukup baik karena pemerintah, karena merasa penanganan untuk menghapus hoax harus lebih di optimalkan, hal itu terutama menjelang momen-momen penting pada beberapa kegiatan seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kalau kita bicara media sosial, memang tingkat penyebarannya sangat cepat. Hal ini akan diatur, bahkan mereka (Facebook) ingin membuat algoritma khusus untuk Indonesia menangkal hoax,” ujar  Semuel menjelaskan.

Selain itu,jelas kata pria yang akrab disapa Semmy itu, pemerintah akan membentuk tim terpadu untuk memantau informasi yang beredar, khususnya pada saat jelang atau berlangsungnya Pilkada. “Diharapkannya memang ada tim yang bisa memberikan masukan siapa yang bisa menentukan hoax dan waktu yang dibutuhkan, karena khawatir akan beredar luas,” jelas Semmy.

Penanganan terkait kontent hoax di media sosial Facebook juga dinilai akan lebih mudah atasi berita hoax jika  media sosial itu telah membuka kantornya secara resmi di Indonesia. Sekedar informasi Kantor Facebook di Indonesia, secara resmi rencananya akan dibuka sebelum 17 Agustus 2017.

“Kantor Facebook akan ada di pusat kota dan semua kegiatan usahanya akan dikelola di sana,” kata Semmy. Kantor Facebook di Indonesia sendiri dinilai akan meningkatkan Service Level Index (SLI) mengenai respons terhadap pemerintah selama kurun waktu 2016-2017. Selama ini rata-rata respons Facebook terhadap ketentuan pemerintah baru menyentuh angka 49,3 persen.

Semoga dengan segera di buatnya alogaritma khusus untuk atasi berita hoax ini oleh para enginer facebook untuk memerangi kontent hoax yang marak beredar di media sosial yang identik dengan warna biru tersebut, masyarakat akan lebih bisa memfilter informasi yang di terimanya sehingga tidak terjadi diss informasi yang oleh masyarakat pengguna internet dan media sosial facebook.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *