Benarkah Facebook Akan Di Tutup Pada 24 April 2018 ?. Ini Penjelasan Kemkominfo

  • Whatsapp
Benarkah Facebook Akan Di Tutup Pada 24 April 2018 ?. Ini Penjelasan Kemkominfo

recode.IDBenarkah Facebook Akan Di Tutup Pada 24 April 2018 ?. Ini Penjelasan Kemkominfo – Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah netizen tanah air di buat resah dengan sejumlah informasi yang menyebut jika pemerintah melalui kementrian Komunikasi dan Informasi akan memblokir atau menutup jejaring sosial Facebook pada 24 April mendatang.

Tak sedikit dari pengguna Facebook yang merasa kebingungan dengan informasi yang masih simpang siur ini. Mereka pun bertanya-tanya, benarkah facebook akan di tutup di Indonesia atau itu hanyalah informasi hoax ?.

Bacaan Lainnya

Menanggapai kebingungan masyarakat tersebut, Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Rudiantara seperti di lansir dari Liputan6 mengatakan ” Ini situasinya akan kita lihat dulu. Kalau semakin buruk, baru kita tutup sementara (blokir)”.

Baca Juga :  Facebook, Instagram dan Netflix di Kabarkan Down di Sejumlah Negara

Namun secara tegas, Rudiantara menjelaskan jika pihak Kemkominfo tidak akan memblokir atau menutup Facebook secara permanen. Dalam kasus yang sedang membelit facebook terkait penyalah gunaan data oleh Cambrige Analityca, pihak pemerintah dalam hal ini kementrian Komunikasi dan Informasi dan DPR sedang melakukan investigasi dan meminta penjelasan resmi dari Facebook terkait insiden tersebut.

Meutya Hafid, Anggota Komisi I DPR RI dalam penjelasanya terkait wacana penutupan facebook mengatakan “Kami dan pemerintah – pihak Kemkominfo – akan bicara lagi, terkait tindak lanjut dari kesalahan Facebook. Secara pribadi saya masih terbuka dengan sanksi, tidak menutup kemungkinan juga untuk menyarankan memoratorium layanan Facebook”.

Politikus asal Partai Golkar itupun berharap Kemkominfo bisa lebih tegas terhadap facebook. Ia menjelaskan hasil keputusan apakah wacana penutupan akses terhadap layanan facebook akan benar-benar terlaksana masih harus menunggu hasil investigasi internal dari facebook selama satu bulan kedepan.

Baca Juga :  Di Denda Oleh Korea Selatan Sebanyak Rp 5 Mliliar, Apa Kesalahan Facebook ?

“Kami tunggu, saya rasa sebulan waktu yang seharusnya cukup. Kami harap hasil investigasi ini bukan hanya menyalahkan siapa, tetapi juga harus ada informasi, ke mana data yang disalahgunakan ini dan digunakan untuk apa,” jelas anggota DPR yang juga mantan jurnalis itu.

Lantas, apa sih yang jadi penyebab maraknya wacana penutupan layanan facebook ? klik laman berikutnya

Penyebab Munculnya Wacana Penutupan Facebook Di Indonesia.

Simpang siur berita yang menyebut akan di tutupnya layanan facebook di Indonesia pada 24 April mendatang bermula dari di temukannya fakta bahwa sebagian data pengguna facebook di telah di salah gunakan untuk kepentingan politis dalam pemilihan presiden Amerika Serikat oleh Lembaga Survey Cambrige Analityca.

Dalam rilis data tersebut, ternyata tak hanya pengguna facebook di USA saja yang menjadi korban penyalahgunaan data, namun Indonesia sebagai satu negara dengan pengakses facebook terbanyak di dunia juga di ketahui telah menjadi korban penyadapan data oleh aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan facebook.

Baca Juga :  Apa Itu Startup Unicorn Yang Bikin Prabowo Bingung, Ini Penjelasannya

Lebih dari satu juta pengguna facebook di tanah air di ketahui menjadi bagian dari total puluhan juta pengguna facebook yang di ketahui telah di panen oleh pihak ketiga dan di gunakan untuk kepentingan mereka. Meski belum di ketahui secara pasti data pengguna facebook di Indonesia di guanakan untuk apa, namun hal itu telah memicu kekhawatiran pemerintah dalam hal ini kemkominfo.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Oleh karena itu, informasi yang beredar mengenai benarkah facebook akan di tutup pada 24 April mendatang adalah informasi yang tidak valid alias HOAX. Karena sejauh ini pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informasi belum secara resmi menyebut tanggal pasti kapan wacana penutupan facebook itu akan benar-benar terjadi.

(andra/rcd)

Pos terkait