Benarkah Koneksi 5G Bikin Boros Kuota, Ini Penjelasannya

Benarkah Koneksi 5G Bikin Boros Kuota, Ini Penjelasannya

recode.ID – Hadirnya koneksi internet 5G tentu menjadi kabar gembira buat Anda yang menginginkan internet dengan kecepatan yang lebih baik. Namun, dibalik itu semua ternyata muncul pertanyaan di banyak pengguna yang penasaran apakah hadirnya koneksi 5G tersebut bisa bikin boros kuota data.

Seperti kita tahu, saat ini provider internet Telkomsel sudah mulai menggelar layanan internet 5G di beberapa kota. Kemudian menyusul operator Indosat Oooredoo telah mendapatkan restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan 5G di Indonesia.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran para pengguna internet terkait apakah koneksi 5G bikin boros kuota, berikut akan redaksi bahas secara detail terkait hal tersebut.

Apakah Koneksi 5G Bikin Boros Kuota ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, redaksi mengutip penjelasan dari pengamat gadget kenamaan, Lucky Sebastian yang dimuat dalam laman DetikNET.

Wilayah yang Sudah Tercover Jaringan 5G Telkomsel

Menurut Lucky Sebastian, sebenarnya secara hitungan tidak boros, sama saja seperti sata kita menggunakan internet dengan koneksi 4G. Hanya saja, dikarenakan koneksi dari jaringan 5G ini begitu kencang membuat orang merasa lebih boros.

[irp posts=”9368″ name=”Harga Paket Internet 5G Telkomsel, Murah Dengan Kuota Besar”]

Pasalnya, pengguna tidak merasakan kendala saat mengakses atau mendownload file dalamjumla yang besar, sehingga kadang “kalap” dengan mengunduh beberapa file misalnya film atau video ukuran besar yang tentunya akan menyedot kuota lebih banyak.

“Karena ketika koneksi kencang, kebanyakan orang itu mau download yang lain. Satu film kelar langsung lanjut kedua, ini yang akhirnya orang merasa kuotanya cepat habis, padahal sebenarnya nggak,” Jelas Lucky seperti yang redaksi kutip dari detikINET.

[irp posts=”6153″ name=”7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartphone”]

Lebih lanjut, Lucky menjelaskan jika hadirnya koneksi internet 5G ini sebenarnya akan memberi manfaat yang cukup banyak bagi mereka yang bekerja yang mengandalkan kecepatan internet. Sehingga, dengan adanya koneksi yang kencang, membuat tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk menunjang produktifitas mereka.

“Karena kalau lambat kan lama menunggunya. Mau menunggu terusannya harus menunggu file-nya datang dulu. Kalau 5G bisa langsung,” jelas Lucky lebih lanjut.

[irp posts=”9356″ name=”Wilayah yang Sudah Tercover Jaringan 5G Telkomsel”]

Jadi kesimpulannya, untuk Anda yang saat ini berada di area yang sudah tercover dengan layanan 5G tidak perlu khawatir jika paket data Anda akan cepat habis.

Tapi dengan catatan, jangan mentang-mentang koneksi internetnya cukup kencang Anda kemudian kalap dengan mengunduh file-file besar lewat perangkat yang di gunakan, atau menonton layanan video streaming dengan kualitas tertinggi.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait