Ingin Jual Smartphone Kesayangan ? Bersihkan Dahulu Datanya Dengan Cara Ini

  • Whatsapp
Ingin Jual Smartphone Kesayangan ? Bersihkan Dahulu Datanya Dengan Cara Ini

recode.ID – Jika anda berkeinginan untuk menjual smartphone anda, entah karena kepepet butuh dana atau ingin berganti dengan smartphone baru, ada beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum anda menjual ponsel milik anda. Apalagi smartphone dengan basis sistem operasi android, ritual bersih bersih data sebelum anda jual smartphone kesayangan adalah hal wajib yang harus di lakukan guna menghindari akses terhadap informasi atau data “sensitif” milik anda.

Kebanyakan dari kita mungkin hanya akan menghapus seluruh file data baik itu foto, musik ataupun video pada galeri smartphone. Setelah itu akan melakukan pengaturan ulang data pabrikan (factory data reset) sehingga smartphone kembali ke keadaan semula seperti ketika pertama kali di beli.

Bacaan Lainnya



Namun ternyata cara tersebut tak sepenuhnya akan menghapus data yang ada di perangkat anda. Hal itu tentu menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri buat anda jika masih ada pihak lain yang dapat mengakses informasi atau data yang dihapus tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar data atau file pada perangkat kita bisa benar-benar bersih setelah kita jual smartphone kita dan berpindah tangan ke pemilik baru ?. Di kutip dari laman Android Authority, ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menjamin jika smartphone yang akan anda jual bisa benar-benar bersih.

  • Cara Pertama

Untuk cara yang pertama anda bisa melakukan enkripsi data pada smartphone yang akan anda jual. Untuk melakukan enkripsi data ini, anda harus melakukannya terlebih dahulu sebelum melakukan factory data reset. Caranya cukup mudah, silahkan anda masuk ke menu ‘Settings’ dan pilih opsi ‘Security’.

Selanjutnya, anda tinggal melakukan enkripsi data anda dengan menekan opsi ‘Encrypt phone‘. Untuk proses enkripsi data ini, masing-masing smartphone akan berbeda waktu penyelesaianya tergantung dari tiap-tiap perangkat. Anda cukup menunggu hingga proses enkripsi selesai.

Dengan cara ini, ada kemungkinan pihak lain memang masih dapat mengakses data yang terhapus, namun di pastikan akan susah melihat detailnya karena data anda akan di acak sehingga tak ada rasa was-was ketika anda ingin jual smartphone kesayangan anda.

Pos terkait