oleh

Bug Baru iOS Sebabkan iPhone Crash Saat Terima Pesan

recode.ID – Jelang peluncuran update sistem operasi iOS ke versi yang terbaru yakni iOS 11.3, sebuah bug baru iOS di kabarkan bisa sebabkan perangkat iPhone crash saat menerima pesan berisi bug tersebut.

Tak hanya membuat perangkat tersebut crash, bug baru iOS tersebut juga menyebabkan pengguna iPhone tak bisa mengakses sejumlah aplikasi seperti Messages, WhatsApp, Facebook Messenger, Outlook for iOS dan Gmail.


Temuan bug ini pertama kali di laporkan oleh sebuah blog asal Italia, Mobile World. Dalam sebuah tulisannya laman blog Mobile World menyatakan jika telah menemukan bug baru iOS yang bisa sebabkan perangkat iPhone crash saat di kirimi pesan berisi bug tersebut.

Kabar akan adanya bug tersebut kemudian di uji coba ulang kembali oleh salah satu media ternama The Verge. Dalam uji coba ulang tersebut, mereka mengujinya pada berbagai perangkat iPhone yang menggunakan iOS 11.2.5. dan ternyata memang bug tersebut mampu membuat perangkat iPhone yang di jadikan kelinci percobaan mengalami crash.

Sementara itu, dalam penjelasannya penemu bug ini mengatakan jika bug ini merupakan bug sederhana namun berakibat yang cukup fatal. Bug baru iOS ini hanya menyertakan karakter atau huruf dalam bahasa India.

Ketika seseorang mengirimkan pesan yang berisi karakter atau huruf tersebut, maka Springboard pada iPhone akan crash. Aplikasi Messages tidak lagi bisa dibuka karena aplikasi akan terus berusaha untuk membuka dan gagal untuk menampilkan karakter tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup mudah, pengguna iPhone yang mengalami crash saat menerima pesan berisi karakter dalam bahasa India tersebut cukup meminta teman anda untuk mengirimkan pesan baru dan menghapus pembicaraan atau thread yang mengandung karakter itu.

Selain perangkat iPhone, bug ini juga mempengaruhi Safari dan Messages versi macOS. Meskipun bug ini berefek pada beberapa platform aplikasi berkirim pesan seperti Messages, WhatsApp, dan Facebook Messenger, namun ketika di uji coba pada aplikasi Skype dan Telegram bug baru iOS ini tak berpengaruh apa-apa.

Sementara itu, pihak Apple berencana untuk memperbaiki masalah ini dalam sebuah update sebelum peluncuran iOS 11.3. Selain itu, pengguna iPhone yang sudah mencoba versi beta dari iOS 11.3 di kabarkan tak mengalami crash ketika di kirimi pesan berisi bug tersebut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya