oleh

Microsoft Siapkan Hadiah Rp 1 Milliar Bagi Hacker Yang Mampu Menembus Sistem Mereka

recode.ID – Salah satu raksasa teknologi dan produsen Operating System paling populer di dunia, Microsoft di kabarkan menyiapkan hadiah yang cukup fantantis hingga mencapai Rp 1 Milliar bagi para hacker, peneliti kemanan digital maupun siapa saja yang mampu menjebol sistem buatan mereka.

Ajang pencarian celah keamanan dalam suatu sistem yang sering di kenal dengan istilah Bug Bounty yang di selenggarakan oleh perusahaan milik Bill Gates ini berfokus pada pencarian cacat kode terutama pada sistem keamanan autentikasi multifaktor.


Seperti di ketahui, beberapa waktu yang lalu Microsoft tengah memperkenalkan sistem keamanan perangkat dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah atau yang di kenal dengan sebutan Face Recognition.

Oleh karena itu, guna menghindari kemungkinan adanya kesalahan program atau cacat sistem pasca di luncurkannya teknologi pengenalan wajah milik mereka, pihak Microsoft bersedia membayar dengan nominal yang cukup menggiurkan bagi siapapun yang mampu mem-bypass autentikasi multifaktor buatan mereka.

Melansir dari laman Softpedia, pihak Microsoft tak hanya membayar celah yang di temukan pada teknologi sistem keamanan pengenalan wajah milik mereka, namun juga beberapa bug lainnya yang ditemukan seperti pemalsuan permintaan lintas situs, cacat otorisasi, dan paparan data sensitif atau leaked data.

Dalam keterangan tertulisnya seperti di kutip dari laman resmi mereka, pihak Microsoft menyebut, laporan celah keamanan yang masuk sebagai kategori berkualitas dan beresiko tinggi adalah laporan bug yang menyediakan berbagai informasi penting engineer untuk mereproduksi, memahami, dan memperbaiki masalah.

Sementara itu, untuk besaran hadiah yang di sediakan pun bervariatif, namun pihak Microsoft menjanjikan hadiah minimal $500 untuk setiap bug dengan kategori low risk dan US$ 100.000 untuk celah keamanan yang masuk kategori high risk.

Tak hanya celah keamanan yang ada pada sistem operasi besutan mereka, pihak Microsoft juga memasukkan pencarian bug pada aplikasi Microsoft Authenticator yang berjalan pada sistem operasi Android dan iOS dalam scope Bug Bounty mereka.

Sekedar informasi, Aplikasi Authenticator sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone untuk login dengan mudah ke akun mereka tanpa menggunakan kata sandi atau password.

Pengguna hanya perlu memberi autorisasi pada proses login melalui smartphone, nantinya aplikasi ini akan menampilkan notifikasi kapanpun ada upaya untuk masuk akun si pengguna.

Sepintas fitur ini mirip dengan fitur login pada Gmail yang hanya perlu memberikan hak akses melalui smartphone ketika pengguna ingin login dari perangkat berbeda tanpa password.

Jadi, bagi anda yang merasa memiliki kemampuan untuk mengoprek sistem milik Microsoft ini silahkan anda mendaftar untuk mengikuti ajang Bug Bounty yang di selenggrakan oleh perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat tersebut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya