Resmi Di Buka, Berikut Cara Daftar Online SBMPTN 2018

recode.IDResmi Di Buka, Berikut Cara Daftar Online SBMPTN 2018. Bagi pelajar SMA/SMK/Sederajat yang duduk di bangku kelas 3, sebagian telah selesai melaksanakan Ujian Nasional (khusus untuk SMK) untuk tahun ajaran 2018. Mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Universitas, salah satu cara yang harus di lalui adalah dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

Untuk pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 ini, seleksi penerimaan untuk masuk perguruan tinggi terdiri dari Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa tahun kelulusan  mulai dari 2016, 2017, dan 2018.

Muat Lebih

Baca Juga :  3 Langkah Mudah Menonaktifkan Iklan di HP Xiaomi

Untuk jadwal pendaftaran sbmptn 2018, pendaftaran UTBC dan UTBK sudah di buka secara resmi mulai pada 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan di tutup pada 27 April 2018 pukul 22.00. Namun, khusus untuk UTBK pendaftaran online akan ditutup jika kuota pendaftar sudah terpenuhi.

Jika kalian para pelajar yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, berikut telah kami siapkan tata cara daftar online SBMPTN 2018 yang sudah kami rangkum dari laman resmi https://www.sbmptn.ac.id.

1. Mendaftar di https://pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mendapatkan PIN dan Kode Akses Pendaftaran (KAP)

Bagi pelajar yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, pastikan terlebih dahlu anda memiliki PIN dan Kode Akses Pendaftaran (KAP).

Caranya adalah dengan mendaftar di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya pilih menu A atau info box yang berwarna biru. Selanjutnya isikan semua data yang di minta dalam form kemdian tekan tombol “daftar”.

Baca Juga :  Akun Instagram Tidak Bisa Ganti Foto Profil, Begini Mengatasinya

Jangan lupa untuk menyimpan gambar slip pembayaran dengan cara klik kanan, kemudian save image as.. serta mencetak/print slip pembayaran dengan cara mengklik tombol “cetak” ketika selesai mendaftar. Pastikan untuk menekan tombol “keluar” sebelum menutup laman.

2. Bayar Uang Pendaftran SBMPTN 2018 Di Bank Mandiri, BNI atau BTN

Setelah melakukan pendaftaran pada langkah 1 di atas,maka selanjutnya peserta SBMPTN 2018 di wajibkan untuk melakukan pembayaran uang penddaftran sebesar Rp 200.000,- di bank yang telah di tunjuk yakni Bank Mandiri, BNI, dan BTN dengan menyertakan bukti slip pembayaean yang telah di cetak sebelumnya.

Pastikan anda memperoleh bukti pemyaran dari pihak Bank.

3. Mendaftar Ulang Untuk Mengikuti Ujian Seleksi

Jika semua kewajiban peserta dalam langkah kedua sudah dilaksanakan, maka selanjutnya peserta di persilahkan untuk mendaftar kembali pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Pilih menu B atau info box berwarna kuning dengan memasukan KAP (kode akses pendaftaran) dan PIN yang telah anda peroleh pada langkah awal dan menuntaskan seluruh proses pendaftarn SBMPTN 2018.

Baca Juga :  Cara Unlock Modem Bolt, Serta Daftar Modem Bolt Yang Bisa Di Unlock

4. Mengikuti Ujian Seleksi.

Langkah terakhir adalah, mengikuti ujian seleksi baik itu UTBC maupun UTBK yang akan di laksanakan pada 8 Mei 2018 mendatang.

Untuk lebih jelasnya perhatikan diagram berikut:

Sekedar informasi, untuk ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggunakan Android hanya dilaksanakan di Panlok (panitia lokal) Bandung (Subpanlok Bandung) dengan jumlah kuota yang sangat terbatas.

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Demikian rangkuman tata cara daftar online SBMPTN 2018. Untuk informasi lainnya yang lebih jelas dan detail silahkan mengunjungi laman resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

(andra/rcd)

Pos terkait