Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi.id

Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi.id

recode.ID – Seperti kita ketahui, saat ini kartu atau sertifikat yang menunjukan jika Anda pernah di Vaksin menjadi salah satu dokumen yang cukup penting. Karena itu, sangat perlu untuk Anda ketahui bagaimana cara download sertifikat vaksin untuk bisa digunakan diberbagai keperluan.

Misalnya saaja, ketika ingin melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara, penumpang diwajibkan untuk menunjukan sertifikat vaksin mereka agar bisa bisa naik ke pesawat.

Terbaru, pemerintah DKI Jakarta berencana untuk membuka tempat perbelanjaan atau mall dimana salah satu syarat untuk bisa masuk mall adalah dengan menunjukan sertifikas vaksin.

Aturan Pemerintah tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 966 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 yang di tandatangani pada 3 Agustus 2021 lalu.

Dalam peraturan Gubernur tersebut dijelaskan, bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewajibkan masyarakat yang hendak beraktivitas di sejumlah sektor yang sudah ditetapkan, harus divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Cara Download Sertifikat Vaksin

Syarat menunjukan kartu atau sertifikasi sudah divaksin ini nantinya juga akan berlaku pada beberapa kegiatan yang dilakukan di tempat publik yang berada di wilayah Ibu Kota, Jakarta.

Termasuk jika masyaratak ingin makan di restoran, menaiki moda transportasi umum,  memasuki rumah ibadah, hingga masuk ke pasar tradisional, salon, serta hotel non karantina.

Apabila Anda merasa sudah pernah di vaksin, ini tentu kabar yang cukup bagus untuk Anda.

Karena Anda bisa mengunduh sendiri sertifikat vaksin tersebut, sehingga nantinya Anda memiliki sedikit keleluasaan ketika ingin memasuki area publik.

Anda bisa mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 tersebut melalui situs dan aplikasi Pedulilindungi.id secara mandiri.

Kemudian mencetak sendiri sertifikat Covid-19 setelah menerima vaksin dosis 1 dan atau 2.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Khusus untuk artikel ini, berikut akan redaksi jelaskan bagaimana cara download sertifikat vaksin di aplikasi pedulilindungi.id:

  1. Pertama pastikan Anda sudah menginstall aplikasi pedulilindungi.id di perangkat yang Anda gunakan.
  2. Selanjutnya, silahkan Anda buka aplikasi PeduliLindungi lewat smartphone Anda (Android/iOS) dan pastikan fitur GPS sudah diaktifkan.
  3. Kemudian, silahkan isikan nama lengkap dan nomor HP Anda di kolom yang tersedia.
  4. Langkah selanjutnya, nantinya Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  5. Jika sudah menerima  kode OTP, silahkan Anda buka kembali aplikasi PeduliLindungi, lalu masukkan kode OTP yang masuk di SMS tersebut.
  6. Setelah proses pembuatan akun ini selesai, Anda akan menjumpai halaman utama (beranda).
  7. Untuk mengetahui dimana letak sertifikat vaksin Covid-19, silahkan Anda klik ikon “Profil” yang terletak di sebelah kanan kolom “Cari Zonasi”.
  8. Nantinya, pada menu “Profil”, silahkan Anda klik opsi “Sertifikat Vaksin”, lalu pilih “Periksa”.
  9. Tahap selanjutnya, silahkan Anda isikan NIK dan nomor HP yang didaftarkan untuk melaksanakan program vaksinasi.
  10. Di halaman berikutnya, akan tampil informasi mengenai sertifikat tahap pertama dan tahap kedua.
  11. Untuk cara mendownload sertifikat vaksin tersebut, Anda cukup mengeklik salah satu tahap penyuntikan vaksinasi.
  12. Selanjutnya, Anda klik “Ya” untuk mengunduh sertifikat vaksinasi. Jika proses download selesai, nantinya sertifikat vaksin Covid-19 akan tersimpan di penyimpanan smartphone Anda secara otomatis.
  13. Anda kemudian bisa mencetak kartu tersebut di beberapa percetakan, yang secara fisik nanti bentuknya akan menyerupai kartu identitas.

Bagaimana cukup mudah bukan cara download sertifikat vaksin lewat aplikasi pendulilindungi.id yang sudah redaksi jelaskan diatas?

Oleh karena itu, diharapkan dengan memiliki kartu identitas yang menunjukan bahwa Anda sudah divaksin hal ini akan membuat aktitifas harian Anda makin nyaman.

Kendati demikian, meski sudah divaksi jangan lupa untuk tetap menjalakan protokol kesehatan yang benar.

Pos terkait