Begini Cara Ganti Nama di Google Classroom Dengan Mudah

Begini Cara Ganti Nama di Google Classroom Dengan Mudah

recode.ID – Selama masa pandemi covid19, Google Classroom menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer untuk digunakan sebagai aplikasi untuk mengirim tugas-tugas sekolah yang diberikan para guru ketika belajar secara daring.

Tapi, ternyata ada satu masalah yang sebenarnya tak begitu urgent namun bikin kurang nyaman dilihat, yakno terkait nama dari pemilik akun Google Classroom itu sendiri.

Pasalnya, banyak diantara pengguna yang masih menggunakan nama yang tidak sesuai dengan nama asli mereka ketika membuat email yang digunakan untuk login Google Classroom sehinga hasilnya nama yang terpampang di aplikasi Google Classroom banyak yang tidak sesuai nama asli siswa tersebut.

Nah, pada artikel kali ini tim redaksi recode.ID akan membagikan tips bagaimana cara ganti nama di Google Classroom dengan mudah dan cepat.

Cara Ganti Nama di Google Classroom

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom dengan Mudah

Seperti kita tahu, untuk login ke akun Google Classroom kita menggunakan email dari Gmail atau akun Google yang terkait.

Sehingga, ketika kita akan mengubah nama di Google Classroom maka hal tersebut juga akan merubah nama kita dilayanan google lainnya.

Oleh karena itu, sekali lagi redaksi ingatkan bahwa ketika kalian merubah nama akun Google maka nama lain yang kita gunakan di produk Google juga akan ikut terganti.

Jika kalian sudah paham, berikut panduan cara ganti nama di Google Classroom yang bisa kalian lakukan di perangkat smartphone yang kalian gunakan:

  1. Pertama, silahkan buka perangkat smartphone kalian.
  2. Pastikan bahwa perangkat kalian terkoneksi dengan onternet.
  3. Selanjutnya, silahkan masuk pada menu settings atau pengaturan hp kalian
  4. Selanjutnya pilih opsi Google/Layanan Google
  5. Kemudian klik pada tombol “kelola akun google anda”
  6. Pada bagian atas pilih Info Pribadi
  7. Lalu pada Info Dasar, kalian cariĀ  opsi Nama.
  8. Silahkan klik pada opsi nama tersebut dan edit sesuai dengan nama yang diingnkan.
  9. Selanjutnya silahkan klik tombol Simpan.
  10. selesai

Dengan cara diatas, maka secara otomatis nama akun Google kalian akan berubah menjadi nama yang diinginkan. Imbasnya, selain nama pada Google Classroom nama lain yang terkait dengan produk Google juga akan berubah.

Bagaimana? cukup mudah buka cara ganti nama di Google Classrom yang sudah redaksi recode.ID bagikan diatas. Selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait