Begini Cara Melihat Log Aktivitas di Smartphone Android

Begini Cara Melihat Log Aktivitas di Smartphone Android

recode.ID – Apakah kalian pernah mengalami kejadian salah menghapus pemberitahuan di Hp Android kalian, dikarenakan terburu-buru atau tidak sengaja membersihkan semua daftar pemberitahuan. Tenang saja, redaksi punya tips jitu bagaimana cara melihat log aktivitas di smartphone Android untuk mengetahui pemberitahuan atau notifikasi apa saja yang pernah muncul.

Seperti kita tahu, di smartphone Android ketika ada sesuatu yang baru terkait panggilan yang tidak terjawab, email masuk, pembaruan aplikasi, dan bahkan pesan sistem akan selalu muncul notifikasi pada bagian atas layar smartphone.

Namun masalahnya, terkadang karena kita buru-buru atau tidak fokus kita menghapus semua notifikasi yang muncul sehingga tidak tahu ada pemberitahuan apa saja.

Nah, sehubungan dengan judul artikel ini maka kali ini tim redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana melihat semua pemberitahuan yang sudah terhapus tersebut. Silahkan disimak.

Cara Melihat Log Aktivitas Hp Android

Terapkan Tiga Cara ini Jika Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Untungnya di smartphone Android terbaru, jika kalian mengalami kejadian menghapus pesan pemberitahuan tersbeut tanpa sengaja masih bisa mengeceknya di log aktifitas.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya untuk melihat log aktivitas tersbeut? berikut adalah langkah-langkah yang kalian lakukan:

  1. Pertama, silahkan kalian tekan agak lama di area mana saja di homescreen perangkat Android kalian
  2. Selanjutnya, kalian pilih opsi widget di bagian bawah layar
  3. Kemudian, kalian gulir ke arah bawah dan temukan dan klik pada opsi widget “Pengaturan pintasan”
  4. Selanjutnya kalian klik  “Log Pemberitahuan”
  5. Lalu tempatkan widget di homescreen
  6. Seilahkan kalian klik widget dan gulir untuk melihat pemberitahuan Anda sebelumnya

Bagaimana cukup mudah bukan cara melihat log aktivitas Hp Android untuk mencari tahu notifikasi apa saja yang sudah terlewat karena kalian terlanjur menghapus notifikasi tersebut.

Namun perlu diingat, ada beberapa tipe smartphone Android yang tidak dibekali atau memiliki opsi Log Pemberitahuan.

Misalnua, untuk perangkat Samsung Galaxy S9 dan LG G7 tidak memiliki log yang terdaftar dalam pengaturan sistem Android.

Jadi jika kalian adalah pengguna dari kedua perangkat tersebut, sejauh ini belum ada opsi bagaimana untuk mencari tahu notifikasi atau pemberitahuan apa saja yang masuk keperangkat kalian.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait