Cara Mematikan Hp Oppo A18 Tanpa Tombol Power

Cara Mematikan Hp Oppo A18 Tanpa Tombol Power

recode.ID – Umumnya, untuk mematikan sebuah perangkat smartphone akan dilakukan dengan menekan tombol Power di Hp tersebut, termasuk pada Hp Oppo A18. Namun tahukah Anda, ternyata untuk proses menonaktifkan Hp ini bisa juga dilakukan tanpa harus menekan tombol daya.

Sekedar informasi untuk Anda, menonaktifkan atau mematikan perangkat smartphone, dianjurkan untuk dilakukan ketika sedang mengisi daya baterai.

Hal ini dilakukan agar proses mengisi daya bisa dilakukan dengan cepat dan optimal. Hanya saja yang jadi masalah, ketika harus mematikan Hp saat isi daya, ini tentu saja akan membuat tombol power akan jadi lebih cepat rusak.

Sebagai solisinya adalah dengan menggunakan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mematikan Hp tanpa harus menekan tombol power.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini akan redaksi berikan penjelasan mengenai beberapa opsi yang bisa dilakukan pengguna untuk cara mematikan Hp Oppo A18 yang bisa dilakukan tanpa harus menekan tombol power.

Cara Mematikan Hp Oppo A18 Tanpa Tombol Power

Terdapat dua cara termudah yang bisa dilakukan pemilik Hp Oppo A18 dalam mematikan perangkat milik mereka tanpa harus menekan tombol Power.

Untuk yang pertama, bisa dilakukan lewat menu Pengaturan, dan metode yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstall terlebih dahulu.

Untuk detail penjelasan dari masing-masing metode yang dimaksud, silakan simak pada poin-poin pembahasan yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

1. Menonaktfkan Hp Oppo A18 Lewat Pengaturan

Untuk metode yang pertama, ketika ingin menonaktifkan perangkat Oppo A18 bisa dilakukan lewat menu Pengaturan.

Karena pada Hp Oppo sendiri, memiliki fitur bawaan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan mematikan perangkat tanpa harus menekan tombol power.

Bagaimana cara melakukannya? simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Untuk langkah awal, silakan Anda buka Menu Pengaturan pada Hp Oppo A18 yang Anda gunakan.
  • Selanhkah selanjutnya, silahkan Anda cari opsi menu yang bernama Pengaturan tambahan.
  • Kemudian, pada Pengaturan Tambahan ini, silakan Anda pilih opsi bernama Aksesibilitas.
  • Kemudian, lanjut lagi dengan memilih opsi bernama Menu aksesbilitas.
  • Pada menu Akesbilitas tersebut, silakan Anda aktifkan opsi yang bernama Pintasan.

Setelah menerapkan pengaturan diatas, maka nantinya akan muncul sebuah menu melayang pada sisi layar Hp Oppo A18 yang Anda gunakan, yang berisi beberapa menu pintasan yang bisa digunakan termasuk untuk mematikan Hp.

Untuk cara penggunaannya, hanya denga menekan tombol melayang tersebut lalu pilih dan tekan tombol Power. Maka secara otomatis perangkat akang langsung dimatikan. Cukup mudah bukan?

2. Mematikan Hp Oppo A18 Lewat Aplikasi Tambahan

Meski dengan cara diatas yang sudah redaksi jelaskan lewat menu Pintasan bisa digunakan untuk menonaktifkan Hp Oppo A18, namun banyak pengguna yang kurang suka.

Alasannya, karena adanya tombol melayang dilayar yang cukup menggagu tampilan layar dan terkadang bisa tersentuh dengan tidak sengaja.

Sehingga untuk opsi selanjutnya dalam menonaktifkan Hp Oppo A18 bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall terlebih dahulu.

Disini, redaksi menyarankan untuk memasang aplikasi yang bernama Shutdown yang bisa Anda unduh secara gratis lewat Google Play Store.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai penggunaan aplikasi Shutdown untuk mematikan Hp Oppo A18:

  • Pertama, silakan unduh dahulu aplikasi Shutdown tersebut
  • Selanjutnya, jika aplikasi sudah berhasil terpasang silakan buka dan jalankan aplikasinya
  • Saat aplikasi dibuka, nanti akan ditampilkan dilayar pilihan berupa matikan Hp atau mode Darurat.
  • Silakan Anda pilih yang opsi untuk mematikan Hp
  • Klik konfirmasi dan perangkat berhasil dimatikan
Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait