Akun Facebook Kamu disuspend? Begini Cara Memulihkannya

  • Whatsapp
Akun Facebook Kamu disuspend? Begini Cara Memulihkannya

recode.ID – Meski sebatas dunia maya, namun bermedia sosial juga ada etikanya dan terikat pada peraturan yang sudah ditetapkan oleh penyedia layanan, misalnya media sosial Facebook.

Karena, jika kita tidak mematuhi aturan yang sudah di tetapkan maka akun milik kita bisa saja di tangguhkan atau disuspend. Dengan kata lain, kita tidak bisa menggunakan akun facebook kita untuk sementara waktu.

Bacaan Lainnya

Penyebab mengapa akun facebook kita bisa di suspend oleh pihak facebook ada bermacam-macam.  Misalnyanya saja kita memposting sesuatu yang berisi ujaran kebencian, ketelanjangan, atau menyebarkan berita palsu atau hoaks.

Ditambah lagi, selama pandemi covid-19 ini pihak facebook menyaring ketat semua informasi terkait covid-19. Pengguna yang asal-asalan atau memberikan informasi menyesatkan dalam menshare berita terkait covid-19 akan dikenankan sanksi tegas oleh pihak facebook.

Sanksi berupa suspend atau ditangguhkan sementara hingga sanksi serius berupa takedown atau penghapusan akun secara permanen.

Baca Juga :  Cara Ganti Font atau Huruf di Xiaomi, Bikin Tampilan Makin Kece

Namun demikian sebagai manusia biasa tentu kita bisa saja melakukan kesalahan. Misal secara tidak sengaja menshare berita hoaks, atau terpancing untuk ikut terprovokasi dengan menyebarkan berita terkait covid-19 yang menyesatkan.

Jika saat ini akun Facebook kalian terkena suspend atau ditangguhkan oleh pihak Facebook berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan akun milik kalian.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang disuspend

Berikut tahapan-tahapan dalam memulihkan akun FB kalian yang terkena suspend dari pihak Facebook:

  1. Pertama, untuk lebih memudahkan sebaiknya menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk melakukan pemulihan akun FB ini.
  2. Selanjutnya, silahkan login dengan akun milik kalian seperti biasanya.
  3. Karena akun kalian sedang disuspend maka kalian tidak akan langsung bisa masuk ke laman beranda facebook, meski password sudah benar.
  4. Masih dihalaman login, biasanya akan muncul opsi > Pulihkan Akun Anda. Klik saja menu atau tombol tersebut.
  5. Selanjutnya, anda akan dibawa pada laman pencarian akun, masukan email yang valid atau nomer telepon yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun facebook kamu. Jika sudah klik > Cari.
  6. Jika muncul notifikasi bahwa akun anda dinonaktfkan atau disuspen, langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi laman bantuan Facebook.
  7. SIlahkan kunjungi laman formulir banding facebook di tautan berikut ini https://id-id.facebook.com/help/contact/260749603972907
  8. Selanjutnya, silahkan isi formulir pada link diatas dengan benar, meliputi alamat email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar, nama yang kalian gunakan saat mendaftar serta upload identitas diri resmi misalnya KTP.
  9. Jika sudah, silahkan klik kirim. Setelah mengirim identitas beserta alasan maka selanjutnya muncul pemberitahuan bahwa akun kamu sedang diproses oleh pihak facebook. Klik > Oke.
  10. Tunggu beberapa saat. Cek email kamu apakah ada email masuk dari pihak facebook
Baca Juga :  Benarkah Mengetik BFF Di Kolom Komentar Facebook Bisa Untuk Mengecek Keamanan Akun, Ini Penjelasanya

Perlu diingat, saat mengirim dokumen identitas diri pastikan bahwa itu sesuai dengan nama yang tercantum dalam facebook milik anda yang di tangguhkan.

Karena jika anda  mengunggah dokumen yang palsu atau tidak sesuai dengan identitas diri yang tercantum pada akun facebook kamu maka pihak facebook pasti mengetahui hal tersebut dan banding yang kamu ajukan tidak akan diproses oleh pihak facebook.

Cara-cara diatas memang tidak seratus persen menjamin jika akun FB milik anda bisa kembali normal, karena jika kesalahan yang anda lakukan cukup fatal maka bisa saja akun anda akan dinonaktifkan untuk selamanya. Namun tidak ada salahnya untu mencoba.

Demikian tips bagaimana cara memulihkan akun facebook yang disuspend atau ditangguhkan. Selamat mencoba.

Baca Juga :  Group WA Bisa Bikin Penuh Memori HP, Begini Cara Mengeceknya

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait