Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

recode.ID – Sistem operasi dari Microsoft yakni Windows 11 hadir dengan sejumlah perubahan dan peningkatan yang lebih baik di banding versi sebelumnya.

Seperti kalian ketahui, OS Windows 11 ini hadir dengan interface atau tampilan antarmuka yang dominan dengan warna biru langit yang cerah dan ngejreng.

Kendati demikian, kalian sebagai pengguna bisa melakukan kustomisasi tampilan dari warna default tersebut menjadi tampilan yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Salah satunya adalah tampilan mode gelap atau dark mode yang banyak di adopsi oleh para pengguna perangkat baik itu perangkat smartphone ataupun komputer/laptop.

Khusus untuk perangkat komputer/laptop yang sudah menjalankan sistem operasi Windows 11 untuk mengaktifkan mode gelap ini kalian bisa ikuti panduannya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Mengingat ini adalah sistem operasi besutan Microsoft versi anyar, sehingga ada beberapa pengguna awam yang masih kebingungan ketika mereka ingin mencoba menggunakan fitur atau mode gelap ini.

Meski secara umum caranya tak jauh berbeda dengan versi lawas, namun tetap saja ada yang masih “kagok” karena belum familiar.

Nah, untuk cara mengaktifkan dark mode di Windows 11 kalian bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Pertama, kalian masuk di tampilan depan atau home desktop silahkan klik kanan pada mause atau trackpad
  • Selanjutnya, pilih menu “Personalize”.
  • Kemudian kalian klik menu “Colors”. Kemudian, klik menu drop-down di kolom “Choose your mode” dan klik pilihan “Dark”.
  • Ketika kalian memilih opsi dark tersbut maka secara otomatis tampilan komputer Windows 11 akan langsung menerapkan mode gelap sehingga lebih nyaman di mata.

Selain dapat menerapkan Dark Mode secara menyeluruh dengan opsi “Dark” tersebut, pengguna juga bisa memilih menu “Custom” untuk memilih bagian mana saja yang ingin diterapkan mode gelap ini.

Sebagi contoh, ketika membuka aplikasi tertentu, kalian bisa menerapkan Light Mode supaya lebih mudah dioperasikan.

Namun untukĀ  tampilan utama di bagian desktop Windows 11, seperti bagian taskbar, pengguna tetap bisa menerapkan Dark Mode agar lebih nyaman dilihat dan tidak silau tentunya.

Namun satu hal yang membuat ini jadi lebih menarik adalah kalian sebagai pengguna juga tetap bisa memadukan warna hitam yang ada pada menu Dark Mode ini dan dipaudkan dengan warna lainnya.

Untuk mencoba paduan warna yang pas dan cocok dengan kemauan kalian, kalian bisa mengaturnya seperti cara yang redaksi jelaskan diatas.

Akan tetapi, pada bagian menu “Colors”, kalian pilih warna yang apa sesuai dengan yang kalian inginkan. Ada beberapa pilihan yang bisa dicoba, misal biru, merah, kuning, hijau, oranye, dan masih banyak lagi.

Ketika kalian memilih warna tersebut, paduan warna ini akan membaur warna dengan hitam yang sudah dipilih.

Hasilnya berbagai elemen visual yang ada di sistem operasi ini, misalnya warna backgroud pada menu klik kanan, warna indikator garis pada taskbar ketika ada aplikasi yang sedang berjalan, dan beberapa bagian lain akan berubah warnanya sesuai dengan yang kalian pilih.

Cukup menarik bukan? selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait