Cara Mengamankan Akun IG Agar Tidak Bisa di Hack

Waspada Peretasan Akun IG Berkedok "Copyright Help Center"

recode.ID – Semakin maraknya aksi peretasan menjadikan kita harus lebih waspada lagi dalam menjaga kemanan akun-akun milik kita, termasuk akun media sosial Instagram, yang merupakan salah satu platform medsos terpopuler saat ini. Lalu bagaimana cara mengamankan akun IG milik kita agar tidak jadi korban peretasan? simak detail penjelasannya dibawah ini.

Perlu Anda ketahui, dengan mengamankan akun media sosial Instagram milik kita, ini akan menghindarkan kita dari ancaman hacker yang saat ini sudah makin canggih dalam melakukan aksinya.

Karena jika sampai akun IG milik kita dikuasai oleh peretas, maka dampaknya akan cukup berbahaya karena bisa saja akun milik kita tersebut jika susah diambil alih oleh peretas bisa saja digunakan untuk melakukan penipuan.

Cara Mengamankan Akun IG

Kenapa IG Bisa di Hack, Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mengamankan akun Instagram milik kita. Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini langka-langkah antisipasi untuk mengamankan akun IG yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Password Cukup Kuat

Salah satu penyebab kenapa akun IG bisa dihack adalah karena penggunaan password yang lemah dan tidak cukup kuat untuk melindungi akun milik Anda.

Sehingga ini merupakan hal mendasar dan jadi poin penting dalam proses mengamankan akun IG, dimana sebagai pintu masuk utama penggunaan password haruslah cukup kuat dan tidak mudah di tebak.

Ini beberapa tips dalam penggunaan dan pembuatan sebuah passsword yang baik:

  • Jangan gunakan password atau kata sandi informasi tanggal lahir
  • Jangan gunakan nama kita
  • Gunakan kombinasi angka dan huruf, huruf besar dan kecil
  • Gunakan minimal 8 huruf untuk password

2. Aktifkan Fitur Keamanan Autentikasi Dua Faktor

Langkah selanjutnya setelah memastikan password yang digunakan cukup kuat, adalah dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Ini merupakan fitur keamanan ganda dimana ketika Anda login akun IG Anda pada perangkat baru akan dimintai kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Cara ini cukup efektif untuk mencegah peretas masuk kedalam akun kita, karena meski peretas mengetahui username dan password mereka tetap tidak akan bisa masuk ke akun kita karena butuh kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel kita.

3. Pastikan Email dan Kata Sandi Email Juga Aman

Berikutnya, cara mengamankan akun IG agar tidak diambil alih oleh hacker adalah dengan memastikan bahwa alamat email yang kita kaitkan dengan akun Instagram memilki keamanan yang kuat.

Misalnya penggunaan password yang memenuhi standar keamanan, tidak menggunakan password yang sama, dan juga mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk email.

4. Jangan Asal Terima Pertemanan

Perlu diketahui, jika peretasa menargetkan akun Intsgram milik Anda biasanya mereka akan menyamar menggunakan akun lain kemudian meminta berteman atau follow akun Anda.

Hal ini dilakukan peretas untuk mencari tahu informasi detail tentang Anda sebagai bahan evaluasi dalam menentukan jenis serangan.

Karena itu, jangan mudah menerima follow akun yang tidak dikenal dan juga bisa mengapus akun-akun yang sekiranya mencurigakan dari daftar pertemanan.

5. Cabut Akses ke aplikasi Pihak Ketiga

Langkah terakhir cara mengamankan akun instagram milik kita adalah dengan mencabut akses ke aplikasi pihak ketiga.

Maksudnya bagaimana? Jika Anda belum paham akan redaksi jelaskan secara singkat mengenai hal ini.

Seperti kita tahu Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke data Instagram atau aplikasi lainnya, misalnya aplikasi untuk menjadwalkan posting secara otomatis, mendownload video Instagram, atau yang lain.

Nah, agar terhindar kemungkinan Anda jadi korban peretasan ada baiknya Anda tidak lagi memberi akses aplikasi-aplikasi tersebut ke akun Instagram milik Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi semacam ini, namun harus lebih dahulu memastikan jika aplikasi tersebut benar-benar aman.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun IG milik Anda agar terhindar dari aksi peretasan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait