Cara Mengatasi Kamera Hp Berembun dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Kamera Hp Berembun dengan Mudah

recode.ID – Salah satu penyebab mengapa hasil jepretan kamera smartphone menjadi buram adalah dikarenakan adanya embun yang ada dilensa kamera. Kamera Hp berembun, selain mengurangi kualitas hasil gambar jika tidak segera diatasi juga akan merusak lensa kamera itu sendiri.

Kejadian seperti ini tentu bisa menimpa siapa saja. Karena umumnya, masalah kamera yang berembun seperti ini  disebabkan oleh guyuran air hujan yang bisa saja terjadi ketika mungkin Anda sedang dalam perjalanan dengan bermotor lalu terlambat berteduh saat hujan turun.

Bacaan Lainnya




Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi kamera Hp berembun tersebut dengan mudah dan tentu bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cara Mengatasi Kamera Hp Berembun

Ada tiga cara yang kami sarankan untuk mengatasi masalah ini. Mengapa cuma tiga? karena ini adalah saran terbaik dan sangat dianjurkan oleh banyak teknisi smartphone berpengalaman.

Baca Juga :  Cara Download Status WA Menggunakan Aplikasi Status Saver

Jika di beberapa artikel lain disebutkan ada banyak tips, itu belum tentu aman dilakukan. Alih-alih kamera jadi normal, yang ada lensa kamera akan jadi makin parah jika cara penanganannya tidak tepat.

  • Gunakan Silica Gel

Cara pertama yang disarankan ketika kamera Hp berembun adalah dengan menggunakan silica gel. Bagi yang belum tahu, silica gel adalah bahan kimia yang umumnya ditemukan pada saat kalian membeli sepatu baru.

Biasanya dalam box sepatu akan ada semacam bungkusan kecil yang bisa kalian temukan saat membeli sepatu baru. Fungsi silica gel ini menjaga sepatu tersebut tetap kering alias agar tidak lembab.

Nah, kalian bisa memanfaatkan ini untuk mengatsai kamera Hp kalian yang berembun. Cara juga cukup mudah, pertama siapkan wadah tertutup misalnya toples dan beberapa silica gel.

Baca Juga :  Mau Nonton YouTube Tanpa Kuota?, Coba Tips Berikut Ini

Selanjutnya, matikan smartphone kalian lalu taruh dalam wadah. Taruh beberapa silica gel didalam toples bersama dengan smartphone lalu tutup rapat.

Biarkan dalam kurun waktu 10 sampai 12 jam kemudian. Saat anda buka toples niscaya embun sudah hilang. Tapi jika masih ada, kalian bisa tambah durasi menyimpannya hingga satu haru satu malam, hingga embun tersebut benar-benar kering.

  • Taruh Dalam Beras

Jika tidak bisa menemukan silica gel, cara kedua ini juga cukup ampuh mengatasi kamera Hp yang berembun. Kalian hanya perlu memasukan smartphone kalian pada tempat penyimpanan beras dengan waktu semalaman.

Pastikan smartphone dalam kondisi off sebelum kalian melakukan ini. Anda juga bisa menyiapkan wadah, seperti toples misalnya lalu isikan beras secukupnya bersama dengan smartphone kalian. Tutup rapat dan tunggu hingga keesokan harinya.

  • Gunakan Kipas Angin

Cara terakhir yang redaksi sarankan adalah dengan menggunakan bantuan kipas angin. Kalian bisa hadapkan smartphone kalian pada kipas angin yang menyala dalam waktu antara 8-10 jam.

Baca Juga :  Cara Membuat Avatar di Facebook, Biar Makin kekinian

Angin yang dihasilkan kipas yang dihembuskan kearah kamera akan memnbuat embut cepat menguap, namun tetap aman bagi perangkat smartphone kalian.

Jangan Lakukan Hal Ini

Untuk mengatsi kamera Hp berembun, redaksi sarankan untuk menghindari penggunaan hair dryer atau pengering rambut.

Hal ini jika kalian ceroboh dan tidak bisa mengatus suhu dengan tepat, justru akan semakin merusak lensa smartphone kalian.

Jangan juga menjemur smartphone dibawah sinar matahari langsung untuk menghilangkan embunnya.

Cara teraman adalah dengan menerapkan tiga tips yang sudah redaksi jelaskan diatas. Jadi, kalian bisa menghilangkan embun tersebut, tapi smartphone tidak beresiko mengalami kerusakan yang membuatnya makin parah.

Demikian tips dan cara mengatasi kamera Hp berembun dengan mudah dan aman. Selamat mencoba.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait