Begini Cara Mengatasi Kartu im3 yang Tidak Ada Sinyal

Begini Cara Mengatasi Kartu im3 yang Tidak Ada Sinyal

recode.ID – Sejumlah pengguna kartu Im3 di Indonesia ada yang mengeluhkan jika sinyal di handphone yang meraka gunakan tidak muncul. Jika kalian termasuk salah satunya, artikel tentang cara mengatasi kartu im3 yang tidak ada sinyal bakal kali ini mungkin bisa membantu mengatasi masalah yang tengah kalian hadapi.

Pasalnya, ketika sinyal di handphone tidak mau muncul atau hilang ini akan berimbas pada perangkat yang kalian gunakan tidak bisa untuk mengakses internet, sms dan juga telepon.

Cukup menyebalkan bukan? oleh karena itu, jika kalian saat ini mengalami kejadian tersebut, tips yang bakal redaksi jelaskan dibawah ini bisa kalian baca hingga akhir dan bisa kalian praktekan pada handphone yang kalian gunakan.

Penyebab Kartu im3 yang Tidak Ada Sinyal

#4 Tips Atasi Jaringan 4G Smartphone Yang Menghilang Secara Tiba-Tiba
Cara Mengatasi Kartu im3 yang Tidak Ada Sinyal

Sebelum kita bahas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah kartu im3 tidak muncul sinyal ini, kita terlebih dahulu akan kita bahas mengenai apa saja yang jadi penyebab munculnya masalah tersebut.

Seperti dikutip dari laman technodaily.net, berikut ini adalah sejumlah penyebab mengapa sinyal 4G hilang di kartu yang kalian gunakan:

  1. Kemungkinan adanya kerusakan pada hardware perangkat yang kalian gunakan. Bisa jadi karena habis terjatuh, terkena air atau sebagainya.
  2. Perangkat sedang crash atau error.
  3. Kartu im3 yang terpasang pada slot sim card tidak pas atau kendor.
  4. Faktor cuaca yang sedang tidak bersahabat, misalnya sedang hujan deras.
  5. Karena sedang ada maintenance atau perbaikan dari pihak operator.

Dari sejumlah penyebab yang redaksi sampaikan diatas dari mulai nomor 2- 5, rata-rata bisa diatasi dengan tips yang bakal redaksi bahas dibawah ini.

Karena itu, perhatikan dan baca baik-baik cara mengatasi kartu im3 yang tidak ada sinyal, lalu kemudian praktekkan sesuai dengan anjuran yang disarankan.

4 Cara Mengatasi Kartu im3 yang Tidak Ada Sinyal

Setelah kalian mengetahui berbagai hal yang jadi penyebabnya, kini saatnya kalian terapkan tips berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Masih mengutip dari laman technodaily.net, berikut langkah-langkah yang bisa kalian praktekan:

1. Coba Matikan dan Hidupkan Kembali Mode Airplane

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba untuk mematikan mode pesawat/airplane lalu hidupkan kembali sesaat.

Cara seperti ini dinilai cukup efektif untuk mereset atau merefresh jaringan yang digunakan pada sebuah perangkat smartphone.

2. Silahkan Restart Perangkat

Cara kedua yang bisa kalian praktekan adalah dengan merestart perangkat yang saat ini kalian gunakan pada saat mengalami masalah kartu im3 tidak mau muncul sinyal.

Mirip dengan cara pertama, merestart handphone juga akan mereset atau merefesh jaringan yang digunakan. Tak hanya itu, dengan melakukan cara ini juga akan mengembalikan kinerja smartphone yang mulai melambat.

Jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah kalian, terapkan jurus jitu berikut ini dengan melakukan setting ulang APN yang kalian gunakan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca detailnya di halaman 2 artikel ini.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait