Begini Cara Mengecek OS Windows Asli Atau Bajakan

  • Whatsapp
Asli Atau Bajakan, Begini Cara Mengecek OS Windows Yang Kalian Gunakan

recode.ID – Dengan mengetahui cara mengecek OS Windows yang kita gunakan asli atau bajakan, bisa menghindarkan kita dari kemungkinan rusaknya sistem, yang dapat mengganggu performa PC dan membuat beberapa fitur lain tidak dapat digunakan.

Seperti kita ketahui, saat ini sistem operasi OS Windows besutan Microsoft merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat komputer di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini, sudah banyak varian sistem operasi yang di keluarkan oleh Microsoft Windows ini. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah OS Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Download Aplikasi Di Google Play Store Yang Tertunda

Kendati demikian, meski di klaim sebagai sistem operasi yang paling populer harga untuk lisensi resmi dari pihak sendiri cukup menguras isi kantong.

Nah, bagi kalian yang penasaran apakah OS WIndows yang kalian gunakan di perangkat komputer PC maupun laptop tersebut asli atau bajakan, kalian bisa mengeceknya sendiri dengan cukuo mudah.

Dengan melakukan pengecekan, kalian bisa mengetahui OS Windows yang kalian gunakan benar-benar asli dan sudah teraktivasi permanen (Geniune Microsoft) atau bajakan (Geniune Patch).

Cara Mengecek OS Windows

  • Langkah awal, anda buka terlebih dahulu aplikasi/sofware CMD dan jalankan sebagai Run as administrator.
  • Kemudian ketikan perintah pada terminal CMD “slmgr /dli” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter.
  • Maka akan muncul pop up, berupa informasi untuk mengetahui lisensi sistem operasi Windows yang anda gunakan.
  • Selanjutnya, ketikan lagi perintah “slmgr /dlv” di terminal CMD  untuk mengetahui detail informasi mengenai lisensi sistem operasi Windows yang anda gunakan.
  • Untuk mengetahui informasi mengenai batas berakhirnya lisensi sistem operasi Windows yang kalain gunakan, ketikan perintah “slmgr /xpr”
  • Terakhir, ketikkan perintah “sfc /scannow” tetap tanpa tanda petik, lalu tunggulah beberapa saat hingga 100% Complete.
  • Apabila tidak muncul pemberitahuan error dan keluar pesan “Windows Resource Protection did not find any integrity violation” maka bisa dipastikan bahwa sistem operasi Windows yang anda gunakan benar-benar asli dari Microsoft (Genuine Microsoft Software).
Baca Juga :  Cara Mematikan Notifikasi Instagram, Biar Hemat Baterai

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengecek OS windows untuk mengetahui keaslian dari sistem operasi yang kalian gunakan.

Dengan mengetahui OS yang anda gunakan tersebut asli atau bajakan, anda dapat menentukan langkah selanjutnya, apakah tetap meneruskan menggunakan OS bajakan atau segera mengantinya dengan lisensi yang resmi.

Namun,  disarankan jika anda menggunakan OS bajakan, untuk segera menggantinnya dengan OS Windows yang asli. Pasalnya, jika masih tetap menggunakan Windows bajakan, komputer anda sangat rentan terinfeksi virus maupun malware.

(azzahra)

Pos terkait