Cara Mengembalikan File WA yang Sudah Terlanjur di hapus

Cara Mengembalikan File WA yang Sudah Terlanjur di hapus

recode.ID – Dalam beberapa kasus, banyak pengguna aplikasi WhatsApp yang secara tidak sadar menghapus beberapa kiriman file baik itu berupa foto, video dan file lainnya di aplikasi WA yang mereka gunakan.

Sementara tanpa anda sadari, ternyata file tersebut belum anda save di galery smartphone anda sehingga kemungkinan file tersebut akan hilang dan tak bisa di buka lagi.

Tak perlu panik, jika di rasa file tersebut merupakan file penting dan anda menginginkan kembali file tersebut anda masih bisa merestore atau mengembalikan file WA yang sudah terlanjur terhapus tersebut.

Bagaimana caranya ? silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Cara Mengembalikan File WA yang Sudah Terlanjur di hapus

Sebenarnya, dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri mempunyai sebuah fitur untuk back-up otomatis yang terus bekerja tanpa diketahui oleh penggunanya.

Biasanya, sistem WhatsApp akan melakukan backup data penggunanya kedalam database milik mereka pada pukul 2 pagi setiap harinya.

Data ini akan tersimpan secara otomatis selama 7 hari pada ponsel yang anda gunakan. Data file akan terus di update atau diperbaharui dan hanya menyimpan aktivitas WhatsApp anda selama 7 hari terakhir.

Untuk mengembalikan file WA yang sudah terlanjur terhapus tersebut, anda bisa mencoba tips berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp anda lalu pilih menu setelan
  2. Selanjutnya pilih menu Chat
  3. Kemudian klik akses Cadangan Chat
  4. Klik Cadangkan.

Jika sudah menerapkan langkah diatas, selanjutnya silahkan lanjut ke tahap berikutnya. Silahkan ikuti panduan berikut ini:

  1. Silahkan uninstall aplikasi WhatsApp atau copot pemasangan aplikasi WA dari ponsel anda
  2. Jika sudah ter-uninstall, silahkan install kembali aplikasi WA tersebut
  3. Lalu Klik AGREE AND CONTINUE untuk melanjutkan proses pengembalian data sebelumnya
  4. Masukkan nomor telepon yang anda gunakan pada akun sebelumnya. Lalu Klik next dan pilih oke jika nomor yang dimasukkan sudah benar.
  5. Kemudian verifikasi nomortersebut layaknya anda mendaftar akun WA pertama kali
  6. Jika sudah berhasil diverifikasi, berikutnya sistem WhatsApp akan membaca file backup yang ada di ponsel anda. apakah ada file back up atau tidak.
  7. Karena kita sudah melakukan backup pada langkah sebelumnya seperti diatas, maka selanjutnya bisa Klik Restore untuk mengembalikan file WA yang terhapus tersebut.
  8. Silahkan tunggu  hingga proses Restore selesai.
  9. Setelah proses restore selesai, selanjutya silahkan anda bisa klik next untuk melanjutkan
  10. Selesai, dan anda bisa mengisi nama pada profil WhatsApp seperti sedia kala.

Namun perlu anda ingat, cara ini hanya bisa dilakukan untuk mengembalikan file WA yang terhapus dalam kurun waktu 7 hari terakhir saja.

Jika file yang terhapus tersebut adalah file yang sudah ada lebih dari 7 hari, maka cara ini tidak bisa di gunakan.

Untuk mengantisipasi kemungkina file-file WA anda terhapus secara tidak sengaja di kemudian hari, sebaiknya anda rutin membackup file-file penting anda.

Jika ada kiriman file yang dirasa perlu, sebaiknya segera unduh file tersebut dan simpan di gallery anda atau bisa menyimpannya di peyimpanan cloud, semisal Google Drive atau sejenisnya.

Sehingga apabila smartphone anda hilang, anda masih bisa mengakses file anda tersebut.

Demikan cara mengembalikan file WA yang sudah terlanjur di hapus dari perangkat anda. Selamat mencoba dan semoga file anda bisa pulih kembali.

(ikhsan)

Pos terkait