Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone, Mudah dan Cepat

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone, Mudah dan Cepat

recode.ID – Jika kalian lupa dengan password Wi-Fi yang kalian gunakan, ternyata ada trik khusus bagaimana cara mengetahui password WiFi di smartphone tersebut dengan mudah dan cepat.

Mau tahu bagaimana caranya? silahkan baca artikel ini dengan cermat hingga usai.

Seperti kita ketahui bersama, demi keamanan sebuah jaringan WiFi biasanya dilindungi dengan password dan harus login lebih dahulu untuk menggunakan akses internetnya.

Namun seiring waktu, biasanya kita akan lupa dengan password tersebut meski masih bisa menggunakannya karena ketika kita login Wifi, maka akses user dan password akan terekam di perangkat yang digunakan.

Terlebih lagi, jika kalian ingin menggunakan perangkat yang berbeda maka kalian harus mengetahui lebih dahulu password yang digunakan untuk mengakses internet Wi-Fi tersebut.

Disinilah tujuan artikel ini di buat oleh redaksi, karena kalian bisa mengetahui passsword WiFi di smartphone yang kalian gunakan untuk kalian masukan di perangkat yang berbeda.

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone

Untuk melakukan trik ini, pastikan bahwa perangkat smartphone yang kalian gunakan adalah perangkat Android versi 10.

Karena untuk OS Android 10, sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat langsung melihat password WiFi yang terhubung dengan sangat mudah.

Sebelumnya, pastikan menggunakan dua buah smartphone untuk melakukan trik ini. Smartphone pertama yang sudah terkoneksi WiFi dan ingin diketahui passsowrdnya, sementara untuk smartphone kedua sebagai penerima untuk menampilkan password.

Berikut cara-caranya:

Untuk Hp Yang Sudah Terkoneksi WiFi

Dari penjelasan pabrikan, tips ini disebut dengan istilah share WiFi via QR Code. Dimana kalian akan memberikan kode QR berisi password WiFi ke perangkat smartphone lainnya.

  • Pertama silahkan kaliam masuk ke menu Settings > Connection > WiFi, Perlu diingat untuk tiap-tiap UI akan berbeda tergantung UI bawaan smartphone.
  • Selanjutnya, silahkan kalian klik WiFi > klik nama WiFi yang ingin di share > tekan ikon roda di samping nama WiFi > tap tombol QR Code.

Untuk Hp Yang Menerima

  • Selanjutnya, untuk samrtphone penerima, kalian harus menginstall lebih dahulu aplikasi pemindai QR Code.
  • Ada banyak aplikasi yang bisa kalian pilih, untuk yang redaksi gunakan dalam percobaan menggunakan aplikasi pemindai QR Code bernama Trend Micro QR Code.
  • Silahkan unduh dan install aplikasi tersebut.
  • Kemudian buka aplikasinya, dan silahkan scan QR Code dari ponsel pertama tadi.
  • Nantinya, aplikasi QR Code tersebut akan menampilkan secara otomatis isi atau deskripsi dari QR Code dari ponsel pertama yang berisi informasi jaringan, termasuk user Wi-Fi dan juga termasuk password.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengetahui password WiFi di smartphone yang sudah redaksi jelaskan diatas. Trik ini dijamin berhasil dan work 100% karena merupakan fitur asli dari pabrikan smartphone yang sudah menggunakan OS Android 10.

Selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait