Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di Hp vivo

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di Hp vivo

recode.ID – Untuk kalian pengguna Hp besutan Vivo, kita bisa dengan mudah mengatahui seberapa besar penggunaan data internet kita setiap bulannya, serta mengatahui apalikasi mana saja yang paling banyak menyedot kuota internet kalian.

Hal ini penting untuk diketahui agar nantinya kalian bisa tahu dan paham seberapa besar penggunaan kuota internet bulanan kalian.

Ini juga sebagai pengingat bahwa jika aplikasi yang digunakan pada Hp Vivo kalian cukup banyak menguras kuota internet, kalian bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut agar bisa lebih hemat.

Untuk proses dan cara melakukan hal tersebut, kalian bisa baca dan pahami langkah-langkahnya yang sudah redaksi siapkan pada lanjutan artikel di bawah ini. Silahkan diisimak.

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di Hp vivo

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di Hp vivo

Pada semua tipe smartphone keluaran Vivo, pada dasarnya sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengecek dan mengatahui seberapa besar penggunaan kuota internet setiap bulannya.

Kendati demikian, ada sedikit pada pemantauan penggunaan data di handphone vivo antara Hp Vivo keluaran lama dengan sistem operasi Funtouch OS 10 ke bawah dan Hp Vivo anyak yang sudah Funtouch OS 11 ke atas.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pahami masing-masing caranya berikut ini:

1. Untuk Funtouch OS 10 atau di bawahnya

Jika kalian pengguna smartphone Vivo yang masih menggunakan sistem operasi Funtouch OS 10 atau di bawahnya untuk cara mengetahui penggunaan data internet di perangkat kalian bisa menggunakan cara ini:

  • Buka menu atau aplikasi Settings
  • Pilih menu Mobile Network
  • Nantinya kamu akan melihat menu Data used this month dan Data monitor
  • Pilih Data monitor
  • Informasi mengenai total penggunaan data bulan ini, hari ini, dan rata-rata harian pun akan ditampilkan

2. Untuk Funtouch OS 11 atau di atasnya

Sementara jika Hp yang kalian gunakan saat ini sudah menggunakan Funtouch OS 11 atau di atasnya untuk proses pemantauan paket internet yang digunakan, bisa dilakukan dengan cara dibawah ini:

  1. Buka aplikasi atau menu Settings
  2. Pilih menu Network & Internet
  3. Masuk ke menu SIM card & mobile network
  4. Pilih kartu SIM (SIM 1 atau SIM 2) yang ingin kamu lihat
  5. Selanjutnya, pilih menu App data usage
  6. Pada halaman Mobile data usage, kamu dapat melihat penggunaan data aplikasi dan dapat menentukan periodenya

Kesimpulan

Meskipun terdapat perbedaan cara untuk melakukan pengecekan kuota data internet perbulan yang digunakan pada Hp Vivo kalian, namun secara umum hal tersebut cukup mudah untuk dipahami oleh pengguna.

Dengan kalian memonitor penggunaan data internet pada perangkat Vivo yang kalian gunakan tersebut, tentunya kalian bisa dengan lebih mudah mengontrol penggunaan dan memilih paket data yang sesuai agar tidak ada yang terbuang.

Sebagi ilustrasi, dari hasil pemantauan tersebut kalian hanya menghabiskan sekitar 50GB paket data internet tapi kalian membeli paket yang 80GB atau lebih maka tentu itu akan sia-sia dan terbuang dengan percuma.

Selain itu, dengan mengetahui aplikasi mana saja yang memakan banyak kuota data internet selanjutnya kalian bisa membatasi penggunaannya agar kedepan kuota internet kalian bisa lebih hemat data internet.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait