Cara Menggunakan Incognito Mode Agar Browsing Makin Aman

Cara Menggunakan Incognito Mode Agar Browsing Makin Aman

recode.ID – Semakin maraknya aksi peretasan dan pencurian data, mengaharuskan kita untuk lebih barhati-hati saat berselancar di internet. Salah satu tips yang di rekomendasikan oleh para ahli keamanan internet adalah dengan menggunakan Incognito Mode ketika sedang browsing.

Meski demikian, ada cukup banyak pengguna internet yang masih tidak begitu “ngeh” dengan fitur yang ada di peramban Google Chrome ini.

Mulai dari apa sih sebenarnya Incognito Mode itu, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya masih ada cukup banyak pengguna internet yang belum memahaminya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tim redaksi recode.ID akan mengupas tuntas tentang fitur Chrome yang satu ini. Silahkan disimak.

Apa Itu Incognito Mode ?

Cara Menggunakan Incognito Mode Agar Browsing Makin Aman

Incognito Mode sendiri adalah sebuah fitur yang ada di peramban atau browser Google Chrome dimana fitur ini merupakan sebuah mode penyamaran yang mana ketika pengguna melakukan penelusuran internet, maka apapun semua riwayat penelurusan pengguna tidak akan terlihat atau tidak disimpan.

Sebenarnya incognito mode ini tak hanya tersedia di Google Chrome saja, akan tetapi browser lain juga memiliki fitur sejenis dengan nama yang berbeda tapi dengan fungsi dan tujuan yang sama.

Ketika pengguna melakukan browsing dengan mengaktifkan fitur ini, maka seluruh riwayat penulusuran mulai dari apa yang pengguna ketikan di mesin pencarian, password yang dinput, cache, cookies dan lain-lain tidak akan tersimpan.

Dengan demikian, keamanan data pengguna akan lebih terjamin dari ancaman pencurian data maupun aksi peretasan yang memanfaatkan cookies atau history pengguna.

Selain berguna untuk keamanan pengguna, dengan menggunakan mode penyamaran saat berselancar di internet pengguna juga akan di suguhakan halaman website yang bebas dari iklan.

Sehingga nantinya, pengguna akan lebih nyaman saat mencari informasi tanpa takut tergangguna dnegan tayangan iklan yang kadang cukup masih muncul di layar perangkat.

Fitur ini tersedia di browser pada jenis perangkat apapun, mulai dari komputer atau laptop, tablet dan juga smartphone.

Cara Menggunakan Incognito Mode

Setelah kalian memahami hal-hal yang mendasar dari Incognito Mode ini, jika kalian tertarik untuk menggunakannya agar saat browsing internet makin aman, kalian bisa mengikuti panduan yang akan redaksi berikan berikut ini.

Pada perangkat Komputer atau Laptop

  • Silahkan buka browser Google Chrome kalian
  • Di halaman home atau depan, silahkan klik Lainnya (ikon 3 titik di kanna atas layar) >
  • Kemudian klik New Incognito Window
  • Nanti jendela baru akan muncul, yang merupakan jendela Incognito Mode
  • Silahkan kalian lanjut browsing

Pada perangkat Android

  • Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Chrome Chrome.
  • Di sebelah kanan kolom URL, ketuk Lainnya (ikon 3 titik) > Lainnya lalu Tab Samaran Baru.
  • Jendela baru akan muncul. Di kiri atas, lihat ikon Samaran.

Pada perangkat iPhone & iPad

  • Di iPhone atau iPad, buka aplikasi Chrome
  • Ketuk Lainnya (ikon 3 titik) > Lainnya lalu Tab Samaran Baru.
  • Tab Samaran baru akan terbuka.

Bagaimana cukup mudah bukan cara menggunakan Incognito Mode untuk kalian gunakan dalam menjelajah internet lewat browser Google Chrome.

Dengan cara ini maka, semua data kalian akan aman dan resiko kebocoran data bisa diminimalkan.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait