oleh

Gunakan Aplikasi Google Maps Dan Waze Untuk Menghindari Jalur Ganjil Genap

recode.IDGunakan Aplikasi Google Maps Dan Waze Untuk Menghindari Jalur Ganjil Genap – Salah satu solusi yang lakukan pemerintah dalam hal ini adalah Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan di Jakarta adalah dengan menerapkan aturan kawasan ganjil genap bagi kendaran yang melintas di jalanan ibu kota.

Guna menghindari jalur ganjil genap para pengguna kendaraan terutama kendaraan roda empat harus di hadapkan pada persoalan baru yakni mencari rute jalur ganjil genap terbaru agar terhindar dari “sempritan” petugas kepolisian.


Sejatinya aturan pemberlakuan kawasan ganjil genap ini sudah berlangsung cukup lama, namun nyatanya masih banyak pengguna jalan yang masih belum tahu rute mana saja yang terdampak akan aturan ganjil genap ini. Oleh karenanya, tak jarang masih kita jumpai pengguna jalan yang masih kedapatan melanggar aturan jalur ganjil genap di Jakarta ini.

Nah, untuk anda yag masih kesulitan dalam menemukan rute yang pas guna menghindari jalur ganjil genap ini, anda bisa memanfaatkan dua aplikasi berikut untuk mengetahui kawasan ganjil genap jakarta 2018.

Cara Mengindari Jalur Ganjil Genap Dengan Google Maps

Untuk mencari rute baru guna menghindari jalur ganjil genap, anda bisa memanfaatkan fitur dari Google maps dalam mencari petunjuk dan arah jalan yang sedang tidak memberlakukan aturan tersebut.

Pertama, anda pastikan lebih dahulu aplikasi Google Maps anda telah di update dan di perbaharui baik untuk pengguna Android maupun iOS. Selanjutnya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps yang telah anda perbaharui di perangkat yang anda gunakan. Selanjutnya, buka menu “Settings”.
  2. Scroll layar ke atas dan klik menu “Navigation settings”. lanjut pilih menu “Avoid odd-even traffic fine”
  3. Untuk anda yang menggunakan plat nomor genap centang pilihan “Even pelate”. Jika menggunakan plat nomor ganjil centang pilihan “Odd plate”. Selajutnya Klik “Save”.
  4. Jika pengaturan plat nomor kendaraan yang anda gunakan sudah selesai, langkah selanjutnya tinggal mengetikkan alamat tujuan pada kolom kotak pencarian yang berada di atas aplikasi.
  5. Maka secara otomatis, aplikasi Google Maps akan memilihkan jalur yang sesuai dengan pelat nomor kendaraan yang anda gunakan untuk menghindari jalur ganjil genap hingga samapai ke tujuan.

Informasi tambahan, anda dapat mengubah secara langsung pilihan pelat nomor ganjil atau genap kendaraan yang anda gunakan di dalam aplikasi langsung dengan mengklik menu “Avoiding odd plate roads”.

Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap Dengan Aplikasi Waze

Selain menggunakan fitur milik Google Maps, Anda juga menggunakan Aplikasi Waze untuk mencari rute guna menghindari jalur ganjil genap yang berlaku di ibu kota Jakarta.

Dibanding dengan fitur milik Google Maps, Aplikasi Waze lebih sederhana dalam hal pengoperasiannya. Berikut Caranya:

  1. Silahkan buka Aplikasi Waze anda, lalu masuk ke menu ‘Setting‘.
  2. Selanjutnya silahkan klik ‘Navigation‘.
  3. Kemudian pilih ‘License pelate restriction’.
  4. Langkah selanjutnya silahkan anda masukan dua digit angka terakhir dari nomor pelat kendaraan yang anda gunakan.
  5. Nantinya, Secara otomatis aplikasi Waze akan memberikan informasi dan mengarahkan rute lintasan yang menyesuaikan implementasi ganjil genap.

Demikian informasi mengenai cara menghindari jalur ganjil genap dengan menggunakan dua aplikasi peta digital yang cukup populer yakni Google Maps dan Waze. Namun perlu di ingat, perubahan rute perjalanan anda tersebut bisa saja merubah waktu dan jarak tempuh untuk sampai di tempat tujuan.

Oleh karenanya perhatikan waktu keberangkatan anda agar bisa sampai tujuan tepat waktu, dan jangan lupa hati-hati dalam berkendara.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya