Cara menonaktifkan Fitur Aktivitas Teman di Shopee

Cara menonaktifkan Fitur Aktivitas Teman di Shopee

recode.ID – Untuk kalian yang kerap berbelanja secara online lewat Shopee, disarankan untuk menonaktifkan fitur aktifitas teman. Pasalnya, jika fitur ini aktif maka riwayat pembelian barang dan juga review kalian di platform e-commerce warna oranye tersebut bisa di intip oleh teman kalian.

Hal ini diketahui, setelah beberapa waktu yang lalu viral di media sosial Twitter unggahan seorang pengguna yang merasa terkejut saat melihat ada tab baru di kolom chat dan pengaturan privasi di aplikasi Shopee.

“Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja,” tulis akun @efify tersebut.

“Temen yang saling save kontak bisa tau Lo belanja dan review barang apa aja.” tulis akun @efify lebih lanjut.

Tak pelak, unggahan @efify langsung menyita perhatian warga net tanah air. Beberapa diantarannya mengungkapkan jika hal ini sudah masuk ranah pelanggaran privasi.

Seperti yang dikatakan oleh akun @aviseuu, “Wah gila sih, Shopee mau sok bersosial media tapi malah ngga jaga privasi orang lain. Parah banget,” cuitnya.

Tanggapan Pihak Shopee

Cara menonaktifkan Fitur Aktivitas Teman di Shopee

Menanggapai beredarnya informasi terkait fitur aktifitas teman yang dinilai melanggar privasi pengguna, pihak Shoppe pun angkat bicara terkait postingan yang viral di media sosial Twitter tersebut.

“Kami informasikan pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akunterkait riwayat kegiatan mereka,” tulis pesan singkat Juru Bicara Shopee Indonesia kepada media.

“Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategorisensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain.” jelas pihak Shopee lebih lanjut.

Selanjutnya, pihak Shopee juga memberikan panduan bagaimana pengguna menonaktifkan fitur yang satu ini. Berikut yang harus dilakukan pengguna:

  • Ketuk “Pengaturan Akun”
  • Setelah masuk ke “Pengaturan Akun”, pilih “Pengaturan Privasi”
  • Setelah masuk ke “Pengaturan Privasi”, pilih “Sembunyikan aktivitas saya” untuk beberapa aktivitas yang Anda ingin sembunyikan.
Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait