Begini Cara Ngecas Smartphone yang Baik dan Benar

Begini Cara Ngecas Smartphone yang Baik dan Benar

recode.ID – Untuk menjaga performa baterai smartphone tetap dalam kondisi prima, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan isi daya baterai ponsel. Karena, proses atau cara ngecas smartphone atau Hp yang baik dan benar akan berdampak pada usia baterai yang tahan lama dan tak mudah ngedrop.

Para pembaca sekalian pasti pernah mendengar berita mengenai sebuah smartphone yang meledak pada saat di charge, hal itu bisa terjadi karena salah satu penyebabnya adalah ketidaktahuan pemilik cara ngecas Hp mereka sesuai dengan yang disarankan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tim redaksi sudah menyiapkan artikel mengenai bagaimana cara melakukan isi daya baterai smartphone yang baik dan benar agar baterai tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Ngecas Smartphone yang Baik dan Benar

Ada beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian pengguna, ketika ingin melakukan pengisian daya betarai smartphone mereka.

Tips Menghemat Baterai Saat Bermain Game. Bisa Tahan Seharian!

Poin-poin berikut ini, apabila diterapkan maka akan berdampak baik pada usia betarai tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Selalu Gunakan Charger Asli

Ini adalah poin pertama dan yang paling utama yang harus di perhatikan ketika ingin betarai smartphone kalian awet dan tak cepat ngedrop.

Meski beberapa charger dari tipe smartphone lain bisa juga di gunakan di perangkat yang kalian gunakan akan tetapi charger asli bawaan pabrikan sudah diatur untuk bisa mengisi baterai hp dengan baik sesuai dengan spesifikasi dari perangkat tersebut.

Karena itu, sebaiknya hindari meminjam charger yang memang bukan untuk smartphone kalian, meskipun portnya cocok. Pastikan hanya menggunakan charger asli bawaan dari pabrik.

2. Jangan Tunggu Sampai Baterai Habis

Berikutnya, cara ngecas smartphone yang baik dna benar adalah terkait dengan kebiasaan pengguna yang umumnya nunggu baterai sisa nol persen baru dicas.

Kebiasaan tersebut ternyata berefek buruk pada daya tahan baterai jika dilakukan secara terus menerus. Karenanya, ubah perilaku tersebut dengan segera mengisi daya baterai ketika presentase baterai menunjukkan angkan 30-40%.

3. Matikan Perangkat Saat Ngecas

Selanjutnya, untuk proses pengisian daya baterai lebih cepat bisa dengan mematikan lebih dahulu smartphone selama proses isi daya.

Ini berguna agar smartphone tidak overheat serta bisa mengistirahatkan perangkat untuk beberapa saat setelah sekian lama digunakan.

Atau jika kalian tidak ingin mematikan perangkat pada saat proses isi daya bisa, sebaiknya alihkan mode perangkat menjadi mode pesawat (airplane mode), mematikan koneksi wi-fi, serta turunkan kontras layar hingga mentok.

Dengan cara itu, proses isi daya bisa lebih cepat karena perangkat tidak dalam kondisi bekerja di bawah sistem.

4. Hindari Keseringan Menggunakan PowerBank

Powerbank dibuat sejatinya sebagai salah satu aksesoris smartphone sebagai penyelamat dikala baterai smartphone sedang low dan tak ada sumber daya listrik disekitar.

Akan tetapi, penggunaan powerbank untuk ngecas hp secara terus-terusan ternyata akan berpotensi membuat umur baterai hp menjadi berkurang. Bahkan, bisa membuat baterai hp menjadi drop dan berimbas pada umur baterai itu sendiri.

Selain itu, hindari juga kebiasaan ngecas smartphone dengan menggunakan port USB komputer karena mengisi daya lewat port USB laptop atau komputer cenderung lambat mengingat arus yang masuk biasanya hanya 0,5 A saja.

5. Jangan Cas Hingga 100 Persen

Ada sedikit misspersepsi mengenai  hal ini, dimana sebagian besar pengguna mengira jika mengisi daya baterai hp hingga 100 persen adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Padahal, menurut anjuran sejumlah ahli bahwa  ngecas  smartphone yang  paling ideal justru bukan saat penuh atau hingga 100%, akan tetapi cukup di kisaran 80-90 persen saja.

Karena sering mengisi daya terlalu penuh pada beberapa smartphone berpotensi mengurangi umur baterai.

Selain beberapa poin yang sudah redaksi jelaskan diatas, beberapa poin penting lain yang mesti diperhatikan ketika melakukan isi daya smartphone adalah:

  • melepas casing (softcase) smartphone untuk melepas panas
  • jangan ngecas sambil digunakan untuk main game
  • hindari ngecas dalam jangka waktu yang lama, misalnya semalaman dan terakhir
  • pastikan bahwa smartphone kalian menggunakan betarai original ketika sudah pernah mengalami pergantian baterai.

Demikian informasi mengenai beberapa poin cara ngecas smartphone yang baik dan benar sesuai dengan anjuran dari ahlinya.

Dengan menerapkan cara-cara diatas, maka umur baterai akan awet dan tak mudah ngedrop.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait