Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Aman dan Mudah

  • Whatsapp
Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Aman dan Mudah

recode.ID – Biasanya, sebelum kita menjual hp second kepada orang biasanya hp tersebut harus di-restart terlebih dahulu agar data-data yang ada sebelumnya tidak disalahgunakan. Selain itu alasan lain untuk restart hp Xiaomi adalah untuk menyingkirkan virus atau malware yang sedang mengancam hp Anda.

Seperti  kita ketahui, saat ini Xiaomi masuk dalam daftar merk hp paling laris di Indonesia, bersaing dengan merk hp lain seperti Oppo hingga Vivo. Harga yang murah dan kualitas yang bagus menjadi alasan kenapa Xiaomi begitu populer di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Ditambah lagi dengan tipe ponsel ini yang cukup beragam, membuat masyarakat memiliki banyak pilihan, pun begitu dengan harga yang ditawarkan.

Hp Xiaomi sangat terjangkau bagi semua kalangan, tak heran kalau lihat anak-anak nongkrong, di tangannya pasti megang Xiaomi.

Sebelum melakukan restart hp Xiaomi, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut agar tidak terjadi kendala saat proses restart berjalan.

Baca Juga :  Atasi Smartphone Cepat Panas Dengan 5 Tips Berikut Ini

Panduan Sebelum Restart HP Xiaomi

Biasanya sebagian orang Indonesia suka mengabaikan panduan yang tertera sebelum melakukan sesuatu. Maunya langsung ke intinya saja. Padahal dengan mengikuti panduan, proses yang akan dilakukan pasti akan terjamin.

Yang pertama, pastikan kondisi baterai dalam keadaan penuh, atau minimal 50%. Alasannya karena proses restart atau reset membutuhkan waktu yang lumayan lama, dan saat proses reset berjalan tidak boleh dilakukan sambil dicas.

Yang kedua, sebelum reset dilakukan, pastikan data-data yang ada dicadangkan atau di-back up terlebih dahulu ke akun Google. Tujuannya ketika reset sudah selesai, data-data yang lama masih bisa dinikmati.

Setelah dua syarat di atas sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa mengikuti beberapa cara reset hp Xiaomi di bawah ini.

Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mereset ulang hp Xiaomi adalah dengan memanfaatkan tombol power, atau sering juga disebut hard reset. Berikut caranya:

  • Pastikan ponsel Anda dalam keadaan mati
  • Setelah itu tekan dan tahan secara bersamaan tombol power dan volume up sampai terlihat logo Xiaomi dan masuk ke recovery mode
  • Berikutnya pilih English pada pengaturan bahasa, namun untuk beberapa tipe hp Xiaomi pilihan bahasa sudah otomatis, jadi langsung saja ke langkah selanjutnya
  • Klik Wipe Data/Recovery Reset, pilih Wipe All Data yang artinya proses restart hp Xiaomi akan dimulai
  • Jika Anda sudah yakin, tekan Confirm/Yes
  • Dengan begitu hard reset hp Xiaomi telah dimulai, tunggu saja prosesnya kurang lebih 4-5 menit
  • Setelah proses reset selesai klik, “back to main menu”
  • Terakhir, lakukan Reboot pada hp Xiaomi Anda dengan cara klik “reboot to system”
Baca Juga :  #4 Tips Melacak Nomer Ponsel Yang Hilang Dengan Cepat

Selain cara di atas, Anda bisa juga bisa mencoba cara reset hp xiaomi tanpa tombol power atau biasa disebut factory reset. Cara ini dirasa lebih mudah karena dapat dilakukan dalam kondisi hp hidup. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setting/Pengaturan
  • Selanjutnya pilih menu About Phone yang terletak paling atas
  • Kemudian scroll ke bawah, terlihat pilihan Backup & Reset
  • Setelah itu scroll lagi ke bawah, klik Erase All Data (Factory Reset)
  • Lalu klik tombol Reset Phone yang terletak paling bawah
  • Terakhir masukkan data-data berupa email dan password untuk verifikasi data diri

Dengan memasukkan data verifikasi, proses restart hp Xiaomi Anda akan berjalan. Tinggal tunggu beberapa menit saja. Setelah proses selesai, hp Xiaomi Anda telah berhasil di-restart.

Baca Juga :  Layaknya Hacker, Begini Cara Menyadap WhatsApp Pacar Kamu

Ulasan tentang cara restart hp Xiaomi di atas sudah dicoba dan berfungsi dengan baik. Pilih saja salah satu dari tiga cara di atas yang menurut Anda paling nyaman.Namun menurut pendapat pribadi, factory reset paling mudah dilakukan karena tidak perlu mematikan hp.

Cara di atas juga berlaku untuk semua tipe hp Xiaomi seperti 6A, 5A, 8A, hingga Redmi Note 7. Yang membedakannya paling hanya letak menu dan bahasanya saja. Secara umum caranya sama saja.

Selamat mencoba dan jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan ya!

(azzahra)

Pos terkait