Cara Restart Laptop Agar Performa Kembali Normal

recode.ID – Ternyata untuk melakukan restart pada perangkat laptop tidaklah begitu sulit. Namun masih ada cukup banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara restart laptop yang mereka gunakan. Karena itu, kali ini redaksi akan membahas secara detail mengenai masalah ini.

Seperti kita tahu, dalam beberapa kasus terkadang pada saat menggunakan perangkat laptop, pengguna mengalami  kejadian dimana laptop yang digunakan error, crash atau hang sehingga tidak dapat digunakan dengan lancar.

Salah satu alternatif solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan restart pada perangkat yang bermasalah tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, apabila Anda merupakan salah satu pengguna yang sedang mengalami kejadian ini dan tidak tahu bagaimana proses atau cara melakukan restart pada laptop yang digunakan, silahkan simak ulasan redaksi berikut ini untuk mencari tahu caranya.

Beberapa Cara Melakukan Restart Laptop

Cara Mencerahkan Layar Laptop Dengan Mudah

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk proses melakukan restart pada perangkat laptop ini. Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbabagai sumber, berikut ini adalah bebepara metode yang bisa dicoba:

  • Menggunakan Start Menu

Ini adalah cara pertama yang bisa dilakukan ketika akan merestart laptop yang digunakan. Ini adalah cara umum dan paling banyak digunakan, yaitu lewat fitur yang ada pada start menu.

Caranya juga cukup mudah, yakni dengan cara klik pada tombol dengan icon Windows, lalu pilih menu Power, lalu pilih dan klik pada opsi Restart.

  • Lewat Kombinasi Tombol

Selanjutnya, cara kedua yang bisa dilakukan untuk proses memuat ulang perangkat laptop atau restart adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboad laptop.

Ini merupakan alternatif apabila laptop yang digunakan crash atau hang, dan kursor tidak dapat digerakkan. Sehingga tidak bisa melakukan restart dengan opsi pertama.

Solusinya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. untuk detailnya bagaimana cara restart laptop dengan kombinasi tombol, silahkan ikuti panduannya dibawah ini:

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Alt+F4

Cara pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt+F4 yang bisa Anda lakukan dnegan cara berikut ini:

  • Pada keyboard laptop, tekan tombol ALT+F4
  • Nanti akan muncul opsi Restart
  • Terakhir pilih opsi tersebut dan klik enter untuk mengeksekusi perintah.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL

Selain menggunakan kombinasi tombol Alt+F4 ada juga kombinasi tombol lain yang bisa digunakan untuk keperluan merestart sebuah perangkat laptop, yakni dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL.

Untuk cara melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Tekan pada keyboard laptop kombinasi tombol CTRL+ALT+DELETE secara bersamaan
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan atai opsi
  • Silahkan pilih yang Opsi Restart, lalu tekan enter untuk mengekseskusi perintah

Namun perlu dicatat, bahwa tidak semua versi Windows tersedia restart pada cara kedua ini. Jadi ketika tidak ada menu restart pada kombinasi tombol ctrl+alt+delete silahkan gunakan opsi pertama, yakni tombol alt+f4.

  • Lewat Windows Run

Untuk cara terakhir dalam melakukan restart laptop yang digunakan agar performa laptop kembali normal adalah dengan memanfaatkan fitur bernama Windows Run.

Untuk cara menggunakan fitur ini, silahkan ikuti langkah-langkahnye berikut ini:

  • Pertama silhkan tekan tombol lambang Windows+R
  • Nanti akan muncul kolom atau form untuk mengetikkan perintah
  • Selanjutnya, Ketikkan perintah shutdown /r
  • Terakhir tekan OK dan laptop akan direstart

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merestart laptop yang Anda gunakan.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait