Daftar Situs Untuk Cek Plagiarisme Online Terbaik

Daftar Situs Untuk Cek Plagiarisme Online Terbaik

recode.ID – Jika kalian adalah seorang penulis artikel, blogger, ataupun pengelola sebuah situs berita yang kerap membuat tulisan artikel yang diterbitkan di website maka sangat penting untuk melakukan pengecekan plagiarisme sebelum artikel kalian tersebut di unggah di website masing-masing.

Hal ini penting dilakukan agar nantinya tulisan yang kalian buat tidak dianggap menduplikasi atau memplagiat tulisan dari penulis lain.

Selain itu, dengan melakukan pengecekan plagiarisme akan membuat tulisan kalian terlihat lebih unik, berbobot serta berbeda dengan tulisan artikel sejenisnya meski mengusung topik atau judul yang sama.

Dengan demikian, karena tulisan kalian cukup unik dan tidak menyamai dengan tulisan yang sudah ada maka kemungkinan besar tulisan yang kalian buat akan nangkring di peringkat satu halaman mesin pencari akan semakin terbuka lebar.

Situs Untuk Cek Plagiarisme Online Terbaik

Daftar Situs Untuk Cek Plagiarisme Online Terbaik

Untuk proses pengecekan plagiarisme ini, sudah tersedia layanan online berbasis website yang bisa digunakan untuk mengecek apakah tulisan kalian terindikasi copas atau unik.

Berikut akan redaksi berikan rekomendasi daftar situs untuk cek plagiarisme online terbaik saat ini:

1. Copyscape

Situs cek plagiarisme online terbaik pertama yang redaksi rekomendasikan adalah situs bernama Copyscape. Dengan layanan yang satu ini, kalian bisa mengetahui apakah konten artikel yang kalian buat mirip atau menyerupai dengan milik orang lain.

Pada website Copyscape, menyediakan layanan untuk pengecekan plagiat konten artikel secara gratis untuk mencari tahu apakah ada salinan dari tulisan artikel yang kalian buat secara online.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, kalian cukup menginput alamat URL atau link website berisi tulisan yang kalian buat, nantinya secara otomatis sistem pada website Copyspace akan mendeteksi dan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten Anda dengan yang sudah ada di internet.

2. DupliChecker

Diurutan kedua ada website bernama DupliChecker. Website yang satu cukup populer dikalangan para blogger dan para penyedia jasa pembuatan konten artikel.

Dengan menggunakan layanan dari DupliChecker ini, kalian bisa dengan mudah mengetahui apakah konten yang kalian buat sudah cukup unik sebelum kalian publish di website atau di serahkan kepada klien.

Cara penggunanaya pun simple, kalian cukup mengunggah file teks berisi tulisan artikel kalian dengan maksimal 1000 kata dalam sekali pengecekan.

Jika tulisan artikel yang kalia buat cukup unik dan tidak terdapat indikasi copas, nantinya sitem website akan memberikan informasi berupa tanda “No Plagiarism Detected!”, yang artinya tidak terdeteksi melakukan plagiasi.

3. Smallseotools

Selanjutnya ada website yang kerpa jadi rujukan para blogger dan penyedia jasa pembuat konten artikel bernama Smallseotools.

Dengan layanan dari Smallseotolls kalian bisa dengan mudah mengecek apakah konten artikle milik kalian memiliki kesamaan dengan artikel yang sudah ada di internet.

Kalian cukup mengunggah dokumen atau file artikel kalian dalam format .txt, .doc, .docx, .odt, .pdf, .rtf. Bisa juga dengan mempaste hasil artikel kalian atau menginput link/url dari artikel yang akan di cek.

Tunggu beberapa saat dan sistem website akan melakukan pengecekan lalu memberitahukan bagian mana saja dari kalimat yang kalian buat yang memiliki kesamaan dengan website lain.

4. 1Text

Terakhir, website untuk cek plagiarisme online yang redaksi sarankan adalah 1Text. Layanan yang satu ini merupakan layanan yang dianggap paling top karena memiliki akurasi yang cukup tinggi dalam mengaanalisa sebuah konten artikel.

Kalian harus cukup lihai dalam merangkai kata untuk bisa lolos dari pengecekan tools yang satu ini.

Meski sangat sukar untuk mencapai skor 100% lolos, namun jika berhasil membuat konten artikel yang unik dan lolos dari 1Text, bisa dipastikan konten artikel yang kalian buat sangat unik dan berkualitas.

Demikian informasi mengenai beberapa situs website untuk cek plagiarisme online terbaik yang bisa kalian coba.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait