oleh

Baru Saja Dirilis, iOS 12.1 Ternyata Memilihi Celah Keamanan Yang Serius

recode.ID – Pengguna produk Apple, terutama untuk perangkat mobile dikabarkan baru saja menerima pembaruaan terbaru sistem operasi yang mereka gunakan dari versi lawas ke versi yang lebih baru yakni, iOS 12.1.

Pembaharuan secara besar-besaran untuk beralih ke sistem operasi iOS 12.1 tersebut di ketahui sudah tersedia untuk beberapa tipe perangkat besutan Apple. Namun sayangnya, update terbaru sistem operasi iOS 12.1. tersebut membawa permasalahan keamanan yang cukup serius bagi penggunanya.


Melansir dari laman Forbes, celah keamanan tersebut memungkin orang lain untuk membuka secara paksa perangkat iPhone yang sudah menggunakan iOSĀ  terbaru 12.1 walaupun perangkat tersebut dalam keadaan terkunci.

Temuan masalah keamanan pada iPhone ini pertama kali diketahui dan dibeberkan oleh peniliti keamanan Jose Rodriguez. Dalam temuannya tersebut, ia mengatakan jika iOS 12.1 ternyata memiliki cacat di fitur lockscreen sehingga memungkinkan orang lain untuk membuka perangkat meski perangkat sedang terkunci.

Menurut penuturannya, pada saat terkunci, seseorang cukup membuat panggilan dengan memanfaatkan fitur perintah suara Siri. Begitu panggilan sudah terhubung, ubah menjadi panggilan menjadi video FaceTime lalu tekan ‘tambah kontak’.

Setelah proses tersebut, selanjutnya perangkat akan menampilkan daftar utuh keseluruhan kontak yang ada di perangkat tersebut, dengan menggunakan 3D Touch informasi lain dari kontak tersebut dapat diketahui dengan mudah. Dengan kata lain, semua informasi alamat hingga nomor telepon orang lain dapat dicuri dengan memanfatkan celah keamanan ini.

Kendati demikian, Rodriguez menyebut jika cacat sistem ini hanya berlaku pada sistem operasi iOS terbaru 12.1 dan tidak berlaku di versi lainnya. Namun, hal lain yang membuat celah keamanan ini kian parah adalah, ternyata cacat sistem ini hanya berdampak di model iPhone premium saja, sedangkan model lain yang tidak memiliki 3D Touch aman dari masalah tersebut.

Tak hanya masalah kemanan pada fitur LockScreen tersebut, sejumlah laporan lain pengguna juga menyebutkan bahwa iOS 12.1 juga memiliki masalah lain seiring update terbaru sistem operasi tersebut, seperti grafis yang tidak stabil, masalah Wi-Fi, serta daya tahan baterai yang dikabarka menurun secara drastis.

Sementara itu, menanggapi temuan Rodriguez tersebut pihak Apple hingga saat ini masih belum memberikan keterangannya terkait temuan celah keamanan pada iOS 12.1 yang baru saja di luncurkannya tersebut.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya