oleh

Ingin Nonton Video Di YouTube Tanpa Buffering, Gunakan Aplikasi YouTube Go

recode.ID –  Sebagai salah satu penyedia layanan nonton video online paling populer di dunia, YouTube saat ini menjadi salah satu alternatif mencari informasi maupun hiburan berbasis video yang paling banyak di kunjungi.

Namun salah satu kendala yang sering di hadapi oleh pengguna YouTube adalah terjadinya buffering (jeda waktu) ketika mereka sedang mengkases layanan Youtube dari jaringan yang pas-pasan.

Di Sponsori Oleh:

Guna mengatasi permasalahan tersebut, pihak Google akhirnya merilis Aplikasi YouTube Go yang merupakan  versi hemat paket data dari YouTube sehingga meminimalkan terjadinya buffering

Setelah sebelumnya di uji coba dan diluncurkan untuk pertama kali di India pada akhir  tahun 2016 silam, kini Aplikasi YouTube Go akhirnya secara resmi tersedia untuk penggunanya yang ada di Indonesia. Hal ini di sampaikan langsung oleh Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria, Senin (19/9/2017), dalam acara  pembukaan YouTube Pop-Up Space ketiga yang berlangsung di Art1:New Museum, Gunung Sahari, Jakarta.

Kan sering ada masalah seperti orang yang nonton tiba-tiba habis kuotanya, atau kok lama buffering-nya. Aplikasi YouTube Go bisa jadi solusi untuk masalah tersebut,” jelas wanita yang akrab di sapa Febriyani tersebut seperti di lansir dari kompas.

Dalam penjelasannya Ia menyebut jika  salah satu ketakutan utama pengguna terutama pengguna di Indonesia ketika menonton YouTube adalah terkurasnya kuota internet.Oleh karena itu, fitur utama dari Aplikasi YouTube Go adalah kendali kuota. Ketika pengguna mengklik video yang akan ditonton, maka akan muncul notifikasi mengenai jumlah megabyte atau kuota internet yg dihabiskan. Dengan begitu pengguna bisa mengira-ngira berapa sisa jumlah kuota yang saat ini di pakai.

Aplikasi YouTube Go di desain sesuai dengan tipikal masyarakat Indonesia, yang secara umum masih memilki koneksi internet yang belum begitu memadai terutama di daerah-daerah. Dengan di hadirkannya aplikasi YouTube Go ini di harapkan pengalaman pengguna dalam menikmati layanan video di YouTube lebih bisa menyenangkan tanpa kendala buffering.

Berbeda dengan aplikasi YouTube yang ada saat ini, yang memungkinkan penggunanya memilih video berdasarkan resolusi, di Aplikasi YouTube Go, hanya terdapat 2 opsi untuk menonton, yaitu Basic Quality dan Standard Quality. Menonton dengan Basic Quality, Anda hanya perlu menghabiskan sekitar 2MB untuk menonton video musik dengan durasi 4 menit meskipun kualitas video yang di hasilkan tidak maksimal.

Bandingkan dengan menonton dari aplikasi YouTube yang ada saat ini, dengan durasi yang sama kuota internet yang tersedot untuk menikmati layanan video tersebut berkisar antara 15 – 20 MB dengan resolusi 360 pixel. Di samping itu pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui YouTube Go, dan menontonnya di kemudian hari. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

Selain untuk meminimalkan buffering saat menonton video, Aplikasi YouTube Go juga memiliki fitur andalan lain yang cukup membantu penggunanya. Salah satunya adalah aplikasi  YouTube Go bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang bakal ditontonnya. Hal ini untuk mencegah pengguna kecewa karena menonton video yang kontennya tidak sesuai dengan judul atau yang sering di sebut click bait.

Ingin mencobanya , silahkan download Aplikasi Youtube Go melalui PlayStore dan katakan selamat tinggal buffering.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment