Kabar Gembira, Kini Durasi TikTok Bakal Jadi Tiga Menit

Kabar Gembira, Kini Durasi TikTok Bakal Jadi Tiga Menit

recode.ID – Untuk kalian para pengguna aplikasi TikTok, ada kabar gembira terkait aplikasi berbagi video tersebut. Menurut penjelasan dari pihak perusahaan, mereka akan memperpanjang durasi video mereka dari semula hanya 60 detik menjadi 180 detik atau 3 menit.

Menurut rencana, update terbaru terkait durasi video TikTok yang lebih panjang ini akan segera hadir dalam beberapa minggu kedepan meski belum secara spesifik kapan tanggal pastinya.

Hal itu seperti yang di katakan oleh Product Manager TikTok, Drew Kirchoff, yang mengatakan bahwa dengan adanya perubahan ini akan membuat pengalaman bercerita dan hiburan menjadi lebih kaya dan menyenangkan.

“Pembuat konten sudah berpengalaman dalam merangkai cerita di TikTok, tetapi kami sering mendengar dari kreator bahwa mereka ingin sedikit lebih banyak durasi untuk menyajikan beragam konten,” jelas Kirchoff dalam keterangan resminya.

Buat yang Belum Tahu, Ini Perbedaan TikTok Lite dan TikTok

Seperti yang redaksi recode.ID lansir dari laman The Next Web, dijelaskan bahwa sebenarnya rencana untuk memperpanjang durasi video TikTok ini sudah mulai bergulir sejak akhir tahun lalu lewat serangkaian uji coba kepada penggunanya.

Dengan bertambahnya durasi video yang bisa diunggah di platform TikTok, diharapkan kreasi para content creator di TikTok bisa jadi lebih beragam.

Karena sepert kita tahu, beberapa video memang membutuhkan durasi yang lebih lama agar vidoe tersebut bisa tampil sempurna, misalnya video demo memasak, tutorial kecantikan, rencana pembelajaran, hingga sketsa komedi.

“Dengan durasi video yang lebih panjang, para kreator seperti memiliki kanvas untuk membuat atau memperluas jenis konten di TikTok dengan lebih fleksibel,” jelas Kirchoff lebih lanjut seperti yang redaksi kutip dari laman The Next Web.

Sekedar informasi, perubahan durasi video TikTok ini merupakan update untuk yang ketiga kalinya. Pada saat awal peluncuran aplikasi ini, durasi TikTok hanya dibatasi 15 detik saja.

Seiring dengan meroketnya popularitas aplikasi ini, perusahaan kemudian memperpanjang durasi menjadi 60 detik atau 1 menit. Lalu pada update terikini, menurut rencana durasi akan diperpanjang menjadi 3 menit.

Bertambahnya durasi video di TikTok menjadi lebih lama tentu akan menjadi kabar gembira bagi para kreator. Tak hanya itu, dengan durasi waktu video sekitar 3 menit, banyak pihak yang meramalkan jika ada kemungkinan peluang TikTok untuk bersaing dengan platform streaming YouTube.

Jadi buat kalian para TikTokers yang sudah tak sabar ingin menjajalnya, tunggu saja update terbaru mengenai pertambahan durasi video yang bakal bisa kalian upload tersebut hanya di webstie recode.ID.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait