Expiring Messages, Fitur Baru WA Bisa Otomatis Hapus Pesan

  • Whatsapp
Expiring Messages, Fitur Baru WA Bisa Otomatis Hapus Pesan

recode.ID – Aplikasi perpesanan WhatsApp, dikabarkan sedang menguji coba fitur baru mereka bernama Expiring Messages dimana nantinya fitur ini bisa secara otomastis mengahapus pesan dilayanan mereka.

Hal ini diketahui setelah akun WABetaInfo membocorkan informasi terkait kehadiran fitur anyar ini.

Bacaan Lainnya

Dalam cuitanya, akun whistleblower terpercaya ini menyebut jika fitur ini saat ini sedang diuji coba pada WhatsApp beta di Android versi 2.20.197.4.

Baca Juga :  #4 Trik Di WhatsApp Untuk Menjahili Teman Kamu

Fitur Baru Itu Bernama Expiring Messages

Dalam penjelasannya, WABetaInfo menyebut jika fitur anyar ini bernama Expiring Messages atau pesan kadaluwarsa.

Dimana nantinya, ketika fitur Expiring Messages diaktifkan oleh penggunanya maka akan secara otomatis menghapus semua pesan obrolan setelah tujuh hari, baik di aplikasi si pengirim maupun penerima pesan tersebut.

Baca Juga :  Arti Emoji WhatsApp yang Sering Keliru diartikan Pengguna

Selain itu, untuk pengingat atau reminder bagi yang mengaktikfan fitur baru ini nanti pada bagian profil akan terlihat indikator kecil penghitung waktu sebagai penanda pengguna tersebut mengaktifkan fitur Expiring Messages.

Sepintas, fitur ini mirip dengan fitur yang sudah lebih dulu ada yakni Delete For Everyone.

Kendati demikian, ada perbedaan yang cukup mencolok dengan fitur Delete For Everyone yang ada sekarang. Dimana untuk fitur baru  Expiring Messages ini tidak akan meninggalkan jejak layaknya fitur Delete For Everyone.

Baca Juga :  Layaknya Hacker, Begini Cara Menyadap WhatsApp Pacar Kamu

Karena seperti kita ketahui, untuk fitur Delete For Everyone ketika pengguna menghapus pesan akan terlihat notifikasi atau pemeritahuan ‘Pesan ini telah dihapus’ oleh si penerima pesan.

Bahkan, terkadang pesan yang terhapus tersebut dapat dilihat penerima di notifikasi mereka.

Sementara untuk baru yang satu ini, ketika diaktifkan oleh pengguna tidak menampilkan jejak tadi layaknya fitur Delete For Everyone baik untuk di perangkat si pengirim ataupun penerima, setelah pesan dihapus.

Baca Juga :  Cara Merekam Video Call WhatsApp di Ponsel Android

Selain itu, fitur anyar ini juga dapat diaktifkan di grup, namun hanya dapat diakses oleh admin grup saja.

Admin group dapat mengatur lamanya menyimpan pesan, mulai dari satu jam, sehari, atau seminggu. Dia juga akan dapat mengakses siapa yang mengirim pesan kedaluwarsa di grup.

Meski demikian, sejauh ini belum ada informasi yang pasti kapan fitur Expiring Messages ini akan resmi hadir. Saat ini pihak WhatsApp masih terus melakukan pengembangan dan melakukan uji beta agar fitur ini semakin baik.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait