Galaxy A Quantum, Ponsel Samsung dengan Chip Khusus

  • Whatsapp
Galaxy A Quantum, Ponsel Samsung dengan Chip Khusus

recode.ID РPabrikan smartphone asal Korea Selatan, Samsung dikabarkan baru saja merilis varian smartphone  baru mereka yang dinamakan Galaxy A Quantum.

Berbeda dengan seri ponsel besutan mereka sebelumnya, untuk seri Galaxy A Quantum ini pihak Samsung menggunakan chip khusus untuk keamanan yang menjamin data pengguna aman dari macam ancaman.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, ponsel ini bukanlah murni ponsel keluaran baru. Karena ini merupakan ponsel upgdrade dari seri Galaxy A71 5G yang diubah namanya dan mendapat sejumlah penambahan perangkat keras (hardware).

Galaxy A Quantum sendiri merupakan ponsel hasil kerja sama Samsung dengan operator seluler asal Korea Selatan, SK Telecom, dimana ponsel ini dilengkapi dengan perangkat keras tambahan berupa chip keamanan QRNG (quantum random number generator) SKT IDQ S2Q000.

Tangkal Serangan Peretas

Sesuai dengan namanya, dengan di tambahkannya chip baru ini bertujuan untuk mengamankan data-data sensitif milik pengguna yang ada pada ponsel ini lewat proses enkripsi khusus sehingga lebih sulit untuk diretas.

Semua data yang ada pada ponsel ini akan di enkripsi dengan mengandalkan teknologi kriptografi kuantum besutan ID Quantique (IDQ).

Sekedar informasi, IDQ sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari SK Telecom dengan fokus di bidang solusi kriptografi yang berbasis di Swiss.

Gunakan Chip Terkecil Didunia

Sementara itu, Chip SKT IDQ S2Q00 yang di gunakan pada ponsel ini sendiri merupakan salah satu chipset QRNG terkecil di dunia dengan dimensi 2,5mm x 2,5mm.

Chipset mampu menciptakan kombinasi angka yang benar-benar acak dengan pola yang tidak dapat diprediksi, sehingga menjamin kemanan data pengguna dari upaya peretasan.

Bahkan, di Korea Selatan sendiri Chipset QRNG ini dapat meningkatkan keamanan berbagai aplikasi keuangan di yang ada di Negara tersebut seperti SK Pay, T ID login, dan Initial.

Spesifikasi Galaxy A Quantum

Untuk spesifikasinya sendiri, selain penambahan shipset untuk keamanan yang lebih baik, spesifikasi lain dari ponsel ini tak berbeda jauh dengan ponsel A71 5G.

Misal, System-on- Chip (SoC) yang diusungnya adalah Exynos 980 dan dikombinasikan dengan RAM 8 GB serta memori internal 128 GB sama persis dengan seri A71 5G.

Semnetara sektor kamera, terdapat lima kamera yang menempel di ponsel berukuran 6,7 inci ini, terdiri dari empat kamera belakang (64 MP, 12 MP, 5 MP, 5 MP) dan satu kamera depan (32 MP) yang dimuat dalam lubang punch hole.

Dengan sistem operasi Android 10 yang dilapis One UI 2.0, perangkat ini juga sudah mendukung konektivitas 5G, NFC, serta baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Harga Galaxy A Quantum

Dengan penambahan sistem keamanan lewat penggunaan chipset khusus tersebut, ponsel ini dijual dengan harga 649.000 won atau setara dengan Rp 7,8 juta.

Untuk yang ingin memiliki ponsel ini ,bisa memesannya di negara asalnya mulai 15 Mei besok, atau satu minggu sebelum dirilis secara resmi pada 22 Mei mendatang.

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.