Waspada, Game Online Ini Bisa Curi Password Pengguna Android

recode.ID – Terjadinya tindak kejahatan cyber bisa bersumber dari mana saja, termasuk salah satunya berasal dari game online.

Seperti halnya dengan game online yang satu ini, melansir dari laman Forbes, sebuah game online bertemakan horror berjudul Scary Granny diketahui mengandung malware yang dapat mencuri password pengguna.

Game yang sudah di unduh lebih dari ratusan ribu kali ini merupakan game online yang cukup populer, meski merupakan game tiruan dari game bergenre sejenis berjudul Granny.

Game Scary Granny merupakan sebuah game dengan alur cerita bertahan dari serangan zombie, meski secara gameplay dan tampilan game ini tidaklah terlalu canggih.

Baca Juga :  Siswa SMA Di Jepang Di Tangkap Polisi Gara-Gara Membuat Malware Cryptocurrency

Sekelompok peneliti kemanan digital, Wandera yang pertama kali melaporkan adanya bahaya yang tersebunyi di balik game yang cukup populer ini.

Meski, telah terinfeksi oleh malware berbahaya, namun game ini bisa lolos pemindaian keamanan oleh pihak google, karena game Scarry Granny ini di ketahui ada dalam daftar game di Google Play Store.

Menurut penjelasan dari pihak peneliti dari Wandera, begitu di unduh dan dipasang oleh pengguna, game ini tidak langsung menginfeksi perangkat dengan malware, namun menunggu lebih dahulu beberapa hari sebelum kode berbahaya dalam game ini bekerja.

Menurut peneliti, cara kerja malware ini termasuk cerdik dalam melakukan operasinya. Jeda waktu ini dilakukan untuk mengelabui  pengguna agar tidak curiga jika game Scary Granny adalah gim yang terinfeksi malware berbahaya.

Menariknya lagi, meskigame ini merupakan sarang malware, namun game Scary Granny ternyata  bisa berfungsi  dan berjalan normal layaknya sebuah game asli.

Baca Juga :  Gawat, Fitur Face ID iPhone X Bisa Di Bobol Hanya Dengan Topeng Tiruan Wajah 3D

Ini yang membuat para pengguna dan pemain game ini tidak curiga jika ada malware di dalamnya.

Selain itu, game ini jga sepintas mirip dengan beberapa judul game yang populer yang menampilkan pop up iklan selama permainan.

Sekali lagi, menarinya dari game ini adalah pop-up yang muncul pun disamarkan agar terlihat seperti aplikasi-aplikasi terkemuka seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Dengan begitu, korban pun akan terlibat dan tak curiga jika itu adalah malware.

Namun, satu hal yang membuat game ini cukup berbahaya adalah kemampuannya untuk mengambil alih password pengguna yang mengintsall game ini.

Akan muncul beberapa kali pop-up yang berusaha menipu pengguna untuk memasukan informasi sensitif akun pengguna, misal email dan password. Serangan semacam ini sering disebut dengan istilah phising.

Menanggapi laporan pihak Wandera terkait malware yang ada dalam game tersebut, pihak Google pun bereaksi dengan segera meghapus game Scarry Granny ini dari daftar aplikasi di Google Play Store.

Kendati demikian, karena game ini sudah di unduh lebih dari 500 ribu kali, kemungkinan ada banyak pengguna yang sudah menjadi korban dari malware ini.

Baca Juga :  Terinfeksi Malware, FBI Himbau Pengguna Mikrotik Restart Ulang Router Mereka

[artikel number=3 tag=”malware” ]

Karena itu, jika anda merupakan salah satu yang menginstall game online ini di perangkat anda ada baiknya untuk segera menghapus instalasi game ini, bila perlu lakukan hard reset agar malware ini lenyap dari perangkat anda.

Tak hanya genre gamenya saja yang horror, malwarenya juga cukup menyeramkan. Waspadalah!

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: