oleh

Usai Di Tangkap KPK, Hacker Retas Website Pemkab Jombang Sindir Sang Bupati

recode.ID – Ada berbagai macam alasan dan motif seseorang (baca: hacker) untuk melakukan tindakan peretasan terhadap suatu sistem. Begitu pula dengan hacker yang satu ini, pada Senin(5/02/2018) pukul 8 pagi di ketahui seorang peretas menjahili situs website pemkab Jombang untuk menyindir Bupatinya usai di amankan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 3 Februari 2018 kemarin.

Dari pantauan redaksi recode.ID di sejumlah group facebook underground, terlihat peretas yang belum di ketahui asalnya ini mempertunjukkan kepiawaiannya dalam menembus sistem milik pemerintah kabupaten yang terkenal dengan julukan sebagai kota santri tersebut.

Berandal, begitu peretas ini menamakan dirinya dalam laman website pemkab Jombang yang ia retas. Dengan dominasi latar warna hitam khas, bandit cyber ini menorehkan sejumlah kalimat berisi sindirinya yang ia tujukan kepada Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko setelah Ia di amankan oleh petugas dari KPK karena tersandung kasus suap sejumlah proyek di daerah yang ia pimpin.

“Kenapa orang Indonesia selalu mempromosikan batik, reog? Kok korupsi nggak? Padahal korupsilah budaya kita yang paling mahal – #GWSJombang” demikian rentetan kalimat yang terlampir dalam website yang beralamat di http://www.jombangkab.go.id/index.html tersebut.

Kata-kata tersebut merupakan quote dari budayawan dan dalang kondang Sujiwo Tejo, yang di tujukan untuk mengkritisi perilaku korupsi yang seakan-akan telah membudaya dalam negara Indonesia.

Dalam akhir tulisannya, berandal juga menyisipkan kontak surat elektronik yang bisa di hubungi yang beralamat di berandal@owl-squad.net. Hingga berita ini di rilis belum ada respon perbaikan dari pengelola atau sysadmin website terkait.

Sementara itu, secara terpisah, YYD salah seorang praktisi IT dan pegiat dari komunitas Linux, ketika di mintai pendapatnya terkait aksi peretasan website pemkab Jombang mengatakan “Hal semacam ini (peretasan) sudah sering terjadi. Mereka biasanya memprotes kebijakan atau mengkritik pemerintah lewat halaman website yang mereka retas” jelas pria yang juga mantan hacker ini.

Sekedar informasi, Bupati Jombang Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko di kabarkan telah di amankan oleh petugas dari KPK, setelah sebelumnya terjaring dalm operasi tangkap tangan (OTT) ketika menerima suap dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Inna Silestyowati (IS) pada Sabtu 3 Februari 2018. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka suap pengamanan jabatan di Jombang, Jawa Timur.

(andra/rcd)

Note: arsip peretsan bisa di lihat di sini

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya