Harga Dogecoin Melonjak Tajam Gara-Gara Elon Musk

Harga Dogecoin Melonjak Tajam Gara-Gara Elon Musk

recode.ID – Salah satu aset kripto atau mata uang digital, Dogecoin dikabarkan mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan.

Bahkan, hanya dalam waktu tiga hari saja harga mata uang digital tersebut melonjak naik hingga 150%. Tak hanya itu, jika dihitung secara tahunan (year on year/YoY), harga Dogecoin sudah naik 592% dibanding tahun sebelumnya.

Sekedar infomasi, untuk harga DOGE sendiri pada awal tahun 2020 lalu hanya Rp 28 per koin, namun harganya saat ini sudah melambung tinggi menjadi Rp 194.

Lalu apa yang menyebabkan kenaikan Dogecoin secara signifikan? menurut analisa Oscar Darmawan, CEO Indodax menjelaskan bahwa kenaikan harga DOGE salah satunya didorong pernyataan dari CEO Tesla Elon Musk yang mengaku bahwa Dogecoin adalah aset kripto yang jadi favoritnya.

“Elon Musk menyatakan DOGE adalah aset kripto favoritnya di Twitter. Orang-orang melihat itu kemudian mereka membeli DOGE”, jelas Oscar seperti dikutip dari laman beritasatu.com.

“Karena permintaannya masif, tentu berpengaruh terhadap harganya,” lanjutnya.

Seperti diketahui memang, Elon Musk terlihat beberapa kali beberapa kali memposting di Twitter soal aset kripto DOGE ini.

Ada salah satu cuitannya yang cukup populer yang diunggahnya pada 20 Desember 2020 lalu. Saat itu Elon Musk mengatakan, “One Word: DOGE”.

Tak ayal, tak lama berselang cuitan itupun langsung memicu naiknya harga DOGE di pasaran aset kripto diseluruh dunia.

Dogecoin Aset Kripto Favorit di Indonesia

Bagi para pengguna aset kripto, saat ini kepopuleran DOGE hampir menyamai dengan aset kripto lain misalnya Bitcoin

Pasalnya, DOGE sendiri saat ini merupakan salah satu aset kripto favorit di seluruh dunia, bahkan termasuk di Indonesia, seperti di Indodax.

Dalam beberapa hari terakhir, transaksi dogecoin melebihi volume Rp 100 miliar sehari dan menjadi salah satu aset kripto terfavorit yang dibeli komunitas trader kripto di Indonesia.

Pada laman Coinmarketcap.com, rating DOGE  sendiri berada di urutan ke-26 dengan market cap DOGE sendiri mencapai US$ 1,27 miliar.

“Bahkan sebelum Elon Musk membuat status di Twitter, DOGE selalu menjadi aset kripto yang menarik buat dikoleksi karena fan community base kuat di belakang aset tersebut,” jelas CEO Indodax.

Hanya saja, menurut Oscar Darmawan kenaikan harga DOGE ini bukan hanya karena faktor cuitan dari Elon Musk saja.

Faktor lain yang juga turut mendorong meningkatnya harga DOGE di pasar kripto karena juga meningkatnya harga bitcoin.

Sekedar informasi, DOGE sendiri merupakan salah satu jenis altcoin yang merupakan turunan dari teknologi bitcoin.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait