Instagram Rilis Fitur Baru, Bisa Bikin Hemat Kuota Data

recode.ID – Selain facebook, media sosial berbagi foto dan video yang juga cukup populer dan memiliki banyak pengguna adalah Instagram.

Dengan layanan media sosial yang masih satu induk dengan Facebook tersebut, hasil foto selfie terbaik anda atau video pada momen-momen spesial dalam hidup bisa anda bagikan dengan mudah lewat media sosial Instagram ini.

Namun, dibalik kepopuleran media sosial instagram ini ternyata platform besutan Kevin Systrom dan Mike Krieger ini menyimpan permasalahan yang cukup serius terkait penggunaan data internet penggunanya.

Seperti kita tahu, Instagram merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang sangat boros menyedot kuota data internet penggunanya.

Baca Juga :  Kalahkan Thailand, Hacker Indonesia Raih Gelar Juara Cyber Sea Game 2018

Pasalnya, aplikasi media sosial seperti Facebook maupun Instagram merupakan jenis media sosial yang memuat konten visual seperti foto dan video.

Menyadari akan permasalahan yang cukup mengganggu tersebut, akhirnya pihak Instagram merilis fitur baru dalam update teranyar aplikasi mereka beberapa waktu lalu.

Untuk sementara ini, fitur anyar ini hanya tersedia untuk tipe smartphone dengan basis sistem operasi Android dan khusus diperuntukan untuk para pengguna mereka di negara-negara berkembang dimana memiliki akses internet di negara tersebut masih terbatas.

Fitur Baru Hemat Kuota Data di Instagram

Fitur anyar yang dirilis oleh pihak Instagram ini, memungkinkan pengguna untuk menghemat penggunaan kuota data internet saat di gunakan untuk bermain instagram.

Untuk bisa menikmati fitur baru hemat kuota data milik Instagram ini, seperti di kutip dari laman resmi Help Desk Instagram berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  1. Pertama udate lebih dahulu aplikasi instagram anda dengan versi yang terbaru
  2. Selanjutnya, buka menu “Pengaturan” di profil ID anda profilmu dengan mengetuk ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih “akun”, lalu pilih “Pengaturan Data Seluler”.
  4. Pilih opsi pada menu “Penghemat Data” dengan menggeser tombol ke kanan,  dan pastikan tombol yang anda geser tersebut berubah menjadi warna biru.
Baca Juga :  Adu Kecepatan Internet 6 Operator Di Indonesia, Siapa Yang Lebih Unggul

Hanya dengan beberpa langkah di atas, maka secara otomatis sistem Instagram akan menghemat penggunaan kuot adata anda, namun konsekuensinya foto atau video akan di tampilan sedikit lebih lambat.

Selain itu, untuk lebih memaksimalkan penghematan kuota data anda saat bermain Instagram anda bisa melakukan pembatasan terhadap konten baik foto maupun video untuk tidak menampilkan konten tersebut dalam kualitas yang memiliki resolusi tinggi.

Untuk cara masih sama dengan langkah di atas, namun pada poin ke empat anda juga pilih pada menu “Media Beresolusi Tinggi”. Nantinya akan muncul 3 opsi yakni:

  • Tidak pernah jika anda tidak ingin menampilkan gambar beresolusi tinggi secara otomatis
  • Wifi saja jika anda ingin gambar beresolusi tinggi dimuat saat  pakai koneksi Wifi saja
  • Seluler+Wifi jika anda ingin gambar beresolusi tinggi dimuat secara otomatis saat menggunakan data seluler atau Wifi
Baca Juga :  Samsung Akan Buat Chips Khusus Untuk Mining Bitcoin

Karena fokus kita adalah masalah penghematan kuota data, maka disarankan untuk memilih opsi yang pertama yakni “Tidak Pernah”.

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Bagaimana, cukup mudah bukan cara hemat kuota data dengan fitur baru milik instagram ini. Selamat Mencoba!

(azzahra)

Topic:

Just For You