Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Bikin Hp Jadi Cepat Panas, Apa saja?

Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Bikin Hp Jadi Cepat Panas, Apa saja?

recode.ID – Ponsel yang cepat sekali berubah temperaturnya menjadi panas akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Namun demikian, masih banyak pengguna yang belum menyadari apa yang jadi penyebab mengapa Hp jadi panas tersebut.

Mungkin kita akan langsung menebak, jika suhu panas yang berlebih yang dihasilkan oleh ponsel kita karena digunakan untuk main game dalam waktu yang lama.

Tapi ternyata, bukan hanya dikarenakan main game saja, namun ada hal-hal atau perilaku yang kita anggap sepele justru juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas.

Perilaku apa saja tersebut? mari kita bahas sama-sama dalam artikel yang sudah redaksi siapkan berikut ini. Silahkan disimak.

Hal Sepele yang Bisa Bikin Hp Jadi Cepat Panas

Setidaknya ada lima perilaku yang menurut kita wajar dan kita anggap sepele, namun hal itu bisa menyebabkan ponsel kita bisa berubah temperatur suhunya menjadi cepat naik.

  • Menggunakan Wallpaper Animasi

Pertama adalah menggunakan gambar bergerak/animasi untuk dijadikan wallpaper smartphone kita. Kita mungkin akan menggangp hal ini adalah hal yang biasa saja.

Tapi, tahukah kalian bahwa dengan menggunakan animasi wallpaper maka beban sistem dari perangkat itu akan bertambah.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka secara otomatis peningkatan suhu juga ikut terjadi.

  • Install Aplikasi Secara Berlebihan

Kita mungkin akan menganggap sepele hal ini. Tapi, faktanya semakin banyak aplikasi yang terpasang pad aperangkat kita hal ini akan semakin menambah beban kinerja dari perangkat itu sendiri.

Imbasnya, selain perangkat jadi makin lemot hal ini juga memicu naiknya suhu panas pada perangkat yang terinstall banyak aplikasi.

Jadi, sebaiknya kalian batasi aplikasi saja yang terinstall dan pastikan hanya aplikasi yang diperlukan saja yang terpasang.

  • Menggunakan Pelindung/Casing Hp yang Tidak Sesuai

Penggunaan case atau pelindung pada handphone memang sangat penting dan bahkan dianjurkan untuk menjaga agar perangkat smartphone kalian aman saat terjatuh.

Akan tetapi jika bahan yang digunakan pada pelindung Hp tersebut tidak sesuai atau abal-abal, hal ini justru akan menimbulkan masalah baru yakni naiknya suhu smartphone karena hawa panas terhalang oleh case tersebut.

Hal ini umumnya terjadi pada case yang terbuat dari bahan plastik keras dan tertutup rapat, dimana hawa panas yang harusnya keluar tertahan oleh case handphone itu sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kalian memilih case atau pelindung Hp yang sesuai dan berbahan yang elastis. Pastikan juga menggunakan produk yang original karena efek dan dampak buruknya sangat terasa pada kenaikan suhu, jika kalian sampai salah meggunakan aksesoris Hp tersebut.

  • Online Terus Menerus Dalam Waktu yang Lama

Ini umumnya terjadi pada kalian yang hobby mendengarkan lagu, streaming radio, nonton film atau drakor secara online lewat Hp.

Penggunaan perangkat yang online dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan panas yang cukup menggangu.

  • Menaruh Hp di Bantal/Kasus Sambil Memainkannya

Jika kalian termasuk kaum rebahan, pasti sering melakukan hal ini, meletakkan Hp dikasur atau bantal sembari dengar lagu atau nonton film.

Meski ini akan terasa sangat nyaman, karena rebahan sambil menggunakan perangkat ponsel namun hal ini akan memicu timbulnya panas pada Hp yang cukup mengganggu.

Karena suhu panas panas yang seharusnya dikeluarkan oleh Hp akan tertahan oleh kasur atau bantal, sehingga temperatur handphone tidak kunjung menurun atau bahkan meningkat secara drastis.

Demikian informasi mengenai beberapa hal-hal yang bisa menyebabkan perangkat Hp menjadi panas.

Jadi, bukan hanya karena main game saja, tapi hal-hal sepele yang kerap kita lakukan yang sudah redaksi jelaskan diatas juga bisa menjadi salah satu penyebab naiknya suhu handphone.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait