Kalahkan Thailand, Hacker Indonesia Raih Gelar Juara Cyber Sea Game 2018

Kalahkan Thailand, Hacker Indonesia Raih Gelar Juara Cyber Sea Game 2018

recode.ID – Nama Indonesia kembali harum di kancah internasional, terutama untuk kawasan Asia Tenggara.

Kali ini Indonesia diakui kehebatannya dibidang cyber setelah wakil dari Indonesia berhasil menjuarai kompetisi para hacker bertajuk Cyber SEA Game 2018 yang berlangsung di Thailand beberapa waktu lalu.

Muat Lebih

Adalah Muhammad Visat Sutarno (23), Aufar Gilbran (23) Fariskhi Vidyan (24), dan Usman Abdul Halim (18), keempat hacker wakil dari Indonesia yang bertarung dan mengaharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dalam bidang cyber security.

Tim Hacker Indonesia berhasil menjuarai kompetisi Cyber SEA Game 2018 yang diikuti oleh 10 negara peserta tersebut, setelah berhasil mengalahkan tuan rumah yang berada di urutan kedua dan Vietnam yang berada di urutan ketiga.

Baca Juga :  Ilmupedia, Paket Baru Telkomsel Untuk Akses Aplikasi Belajar Online

Dengan raihan poin akhir sebanyak 2.930, para peretas Indonesia tersebut jauh meninggalkan Thailand yang berada di urutan kedua dengan raihan akhir poin yang mereka kumpulkan sebanyak 2.880.

Berkat kemenangan Indonesia di kompetisi Cyber SEA Game 2018 ini, maka para hacker wakil dari Indonesia ini akan mengikuti babak final kejuaraan hacking internasional di tingkat Asia Pasifik bernama Japan Seccon (Japan Security Contest), yang akan di langsungkan di Tokyo Jepang pada 22-23 Desember 2018 nanti.

Kemenangan tim Indonesia ini merupakan kali kedua dalam kompetisi yang sama secara berturut-berturut. Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Indonesia melalui 4 orang wakilnya, yang dua diantaranya juga peserta tahun ini yakni Muhammad Visat Sutarno (23) dan Aufar Gilbran (23) juga menjuarai Cyber Sea Game 2017 yang juga di gelar di Negeri Gajah Putih tersebut.

Baca Juga :  Deretan Fitur Baru iOS 12.3 yang Baru Saja dirilis Apple

Cyber Sea Game sendiri merupakan sebuah ajang tahunan kompetisi para hacker yang diikuti oleh 10 negera peserta dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Filipina.

Dalam kompetisi ini para peserta akan diuji dengan berbagai soal terkait pertahanan dan keamanan jaringan, hacking, kriptografi, penetrasi sistem, analisis forensik, dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan dunia cyber.

Selamat kepada para Hacker Indonesia !.

(azzahra)

Pos terkait