Instagram Reels Resmi Meluncur, Siap Jadi Pesaing TikTok

  • Whatsapp
Instagram Reels Resmi Meluncur, Siap Jadi Pesaing TikTok

recode.ID – Setelah dilakukan uji coba beberapa waktu lalu, kini Instagram Reels kini secara resmi telah diluncurkan secara global di lebih dari 50 negara.

Fitur baru dari Instagram ini disebut-sebut bakal menyaingi kepopuleran TikTok yang saat  ini sudah semakin melejit.

Bacaan Lainnya

Seperti dilansir dari laman Tech Crunch pada Jumat (07/08/2020), Instagram Reels ini sudah tersedia dan bisa digunakan di beberapa negara-negara sebagai pasar utama, misalnya Amerika Serikat, India, Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, Jepang, Australia, Spanyol, Meksiko, Argentina, dan beberapa negara lainnya.

Salah satu alasan mengapa fitur Reels baru hadir di 50 negara, karena pihak Instagram telah memiliki hak-hak label musik di negara tersebut, sehingga kedepannya pihak Instagram menjamin para penggunanya untuk menambahkan efek musik latar tanpa khawatir akan bermasalah dengan copyright atau hak cipta.

Baca Juga :  Dengan Sistem Nego Harga, Ojek Online 'Anterin' Siap Bersaing Dengan Go-Jek Dan Grab

“Kami sekarang meluncurkan Reels di negara-negara tempat kami memiliki hak. Menurut kami, katalognya cukup dalam dan memiliki beberapa konten unik yang tidak dapat Anda temukan di platform lain,” demikian jelas Vishal Shah selaku Kepala Produk Instagram seperti dikutip dari laman Tech Crunch

Perilisan Instagram Reels hadir di saat pemerintah Amerika Serikat berwacana akan melarang TikTok beroprasi di negara Paman Sam tersebut. Dengan demikian, banyak yang menilai jika ini merupakan upaya pihak Instagram untuk menantang dominasi TikTok di dunia.

Sekilas Tentang Instagram Reels

Lalu apa sebenarnya Instagram Reels itu sendiri? mengapa bisa dikatakan akan menjadi pesaing TikTok ? Sejatinya apa yang dihadirkan oleh Reels tak jauh berbeda dengan apa yang ada diaplikasi TikTok.

Dengan Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membuat dan mempublikasikan video yang berdurasi 15 detik menggunakan fitur edit secara online.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kunci Layar Terbaik Untuk Smartphone Android

Selain itu, di sediakan banyak opsi-opsi yang bisa digunakan misalnya efek Augmented Reality (AR), penghitung waktu mundur, musik dan lain sebagainya.

Adanya kesepakatan pihak Instagram dengan label rekaman besar menjamin penggunanya untuk tidak perlu khawatir konten mereka akan dihapus karena masalah pelanggaran hak cipta.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna bisa membuka aplikasi Instagram seperti biasanya lalu memilih opsi di bagian bawah Instagram Camera, di sebelah Instagram Story.

Sementara untuk tools atau alat untuk proses pengeditan koneten akan muncul di sisi kiri layar, di mana disini terletak beberapa fitur seperti efek AR, pengatur waktu, kecepatan, dan penyelarasan.

Selanjutnya, layaknya fitur postingan Instagram lainnya, Reels dapat disimpan ke draf saat sedang dalam proses. Ketika fitur ini siap untuk ditayangkan, nantinya Reels dapat ditampilkan di seluruh tampilan utama aplikasi seperti Story, Close Friends Only, maupun Direct Message (DM).

Baca Juga :  Google Podcast Untuk iOS Resmi di Luncurkan

Pengguna jga bisa memberi keterangan dari konten yang dibuat dan diberi tagar, termasuk pengguna bisa men-tag ke pengguna lainnya sehingga konten semakin banyak dilihat dan berpotensi menjadi konten yang viral di Instagram.

Reels juga bisa diunggah di Story IG, namun konten video yang dibuat akan hilang dalam waktu 24 jam.

Pengguna lain juga bisa menonton Reels dari opsi Explore, dimana pengguna Instagram akan dihadapkan dengan feed dengan desain vertikal yang sudah disesuaikan dengan minat dan ketertarikan pengguna dalam mencari konten di Instagram.

Kendati demikian, sejauh ini fitur Instagram Reels ini masih belum tersedia untuk pengguna Indonesia. Pihak Instagram sendiri masih belum mengkonfirmasi kapann fitur ini akan siap dan bisa digunakan oleh pengguna di tanah air.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait